Ma'ruf Amin Perkenalkan Destinasi Wisata Belanja-Kuliner di Pariaman

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan pasar rakyat di Kota Pariaman, Sumatera Barat, yang khusus memperjualbelikan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Selasa, 6 April 2021.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan pasar rakyat di Kota Pariaman, Sumatera Barat, yang khusus memperjualbelikan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dia berharap pasar itu menjadi motor penggerak untuk memulihkan perekonomian yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Pasar yang dibangun atas prakarsa program lintas kementerian itu berada di kawasan objek wisata Pantai Gondoriah, Kota Pariaman. Diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata baru, yakni destinasi belanja dan kuliner.

Ma’ruf menginstruksikan kepada Pemerintah Kota Pariaman dan pengelola pasar untuk memastikan produk yang dijual di pasar itu adalah produk hasil dari UMKM. Sedikitnya 360 unit kios diisi oleh produk UMKM.

Aksi Pelemparan Batu Warnai Pembongkaran Pasar Kutabumi Tangerang

“Masyarakat harus manfaatkan peran pasar ini secara optimal: belanja di sini, transaksi di sini, jaga keasrian dan kebersihan. Lokasi ini strategis, yaitu kawasan pantai Gondoriah, yang merupakan destinasi wisata favorit. Bisa jadi desnitasi wisata belanja khususnya produk khas dan kuliner,” katanya dalam peresmian itu, Selasa, 6 April 2021.

Pasar rakyat Pariaman yang memiliki jejak sejarah yang panjang sejak zaman pemerintah kolonial Hindia Belanda, katanya, juga harus diselaraskan dengan aspek lingkungan dan kearifan lokal. Selain revitalisasi fisik, revitalisasi budaya juga dibutuhkan.

Emak-emak Hadang Alat Berat Tolak Pembongkaran Pasar Kutabumi

“Harus mampu menciptakan pasar yang sehat, bersih, aman dan tertata sehingga mampu bersaing dengan pasar lain,” katanya.

Selain meresmikan pasar rakyat Pariaman, Ma’aruf Amin juga diagendakan meresmikan Gedung Olah Raga Universitas Negeri Padang, meninjau kegiatan vaksinasi di Puskesmas Kurai Taji, dan penanaman pohon ketapang laut di Pantai Kata Pariaman.

Situasi bangunan Pasar Kutabumi telah dibongkar

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Pembongkaran Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, kembali diwarnai kerusuhan, Jumat, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024