Sandiaga Uno Ingin Tes GeNose Diperluas Agar Pariwisata Bangkit

Sandiaga Uno saat meninjau tes GeNose di Bandara
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, menargetkan penggunaan alat testing COVID-19 buatan anak dalam negeri, yakni GeNose C19, dapat semakin diperluas di sejumlah objek destinasi wisata unggulan dan kawasan Desa Wisata.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

"Hari ini saya sangat berbahagia karena melihat peluncuran dari penggunaan GeNose C19 sebagai testing COVID-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Hari ini adalah sejarah yang membangkitkan harapan kita, bahwa untuk menyelesaikan dan menekan laju penularan COVID-19 kita harus tingkatkan dan perluas testing," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Jumat 9 April 2021.

Sandiaga mengatakan, alat testing COVID-19 yang sudah menggunakan produk buatan anak bangsa dapat membuka peluang usaha dan peluang ekonomi. Supaya, mobilitas terjaga dan denyut nadi di lokasi pariwisata terutama di Bali, dapat segera bangkit dan pulih kembali dalam bingkai protokol kesehatan COVID-19 yang ketat dan disiplin.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Sandiaga mengatakan bahwa GeNose C19 ini dapat juga diaplikasikan di destinasi-destinasi wisata lainnya, termasuk di kawasan Desa Wisata. "Dengan ini kita dapat tegas memberikan sinyal kepada masyarakat luas bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif dapat siap untuk bangkit kembali," ujarnya.

Lebih lanjut, Menparekraf berharap bahwa menjelang mudik yang sudah ditiadakan oleh pemerintah, Kemenparekraf juga bisa menyiapkan langkah-langkah agar perluasan dan peningkatan destinasi wisata dengan penggunaan GeNose C19 ini dapat semakin diaplikasikan.

Keren! Bali Jadi Destinasi Pilihan Sadhguru untuk Healing dan Terapi Penyembuhan

Untuk itu, Kemenparekraf terus berupaya mendorong dari sisi produksi, agar industrialisasi dari proses menghadirkan dan memproduksi GeNose C19 bisa ditingkatkan. 

"Saya sudah tugaskan bapak Deputi Bidang Industri dan Investasi agar terus bekerja sama dengan teman-teman GeNose C19 UGM," kata Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan bahwa desa wisata menjadi alternatif kunjungan berbasis alam terbuka dan budaya. Apalagi, dengan peniadaan mudik menurutnya kehadiran GeNose C19 ini menjadi sangat penting.

"Saya melihat ini membangkitkan rasa percaya atau confidence, baik wisatawan maupun pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, karena dengan perluasan testing ini ada rasa aman dan nyaman," kata Sandiaga.

"Sekitar 20-25 persen peningkatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terbantu dengan kehadiran GeNose C19 ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya