BRI Catatkan Kinerja Positif Kala Pandemi, Ini Buktinya

Dirut Bank Rakyat Indonesia, Sunarso.
Sumber :
  • Dok. BRI

VIVA – Sektor perbankan tercatat mengalami kontraksi minus 2,41 persen sepanjang 2020 akibat perlambatan aktivitas sektor riil dan sektor korporasi. Hal itu terjadi karena Pandemi COVID-19 yang terjadi satu tahun terakhir menghantam perekonomian dunia, termasuk Indonesia

Stafsus Bantah Erick Thohir Perintahkan BUMN Borong Dolar AS, Ini Penjelasannya

Meski demikian PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) tetap bisa mempertahankan kinerja positif dalam periode tersebut. Sambil, ikut berperan dalam pemulihan ekonomi nasional dengan memberdayakan UMKM.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, kinerja positif BRI di tengah pandemi tersebut tercermin dari penyaluran kredit BRI. Pada periode itu tumbuh 3,89 persen dengan kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) terjaga di level 2,99 persen.

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

Baca juga: Menaker Ida Tegaskan THR 2021 Harus Dibayar Penuh dan Tepat Waktu

"Salah satu kunci keberhasilan BRI dalam menghadapi tekanan akibat pandemi yakni dengan terus melanjutkan program transformasi digital dan culture yang telah dicanangkan sejak tahun 2016," ujar Sunarso dikutip dari keterangannya, Senin 12 April 2021.

Erick Thohir: Arahan Saya ke BUMN Beli Dolar Secara Optimal, Terukur, dan Sesuai Kebutuhan

Lebih lanjut Sunarso mengatakan, kinerja baik BRI juga diakui dengan meraih 7 penghargaan bergengsi bertaraf nasional selama sepekan terakhir. Yaitu, dua penghargaan pertama yakni The Best CEO dan Best of The Best Innovative Company.

Selanjutnya BRI mendapatkan 5 penghargaan dalam acara Malam Anugerah BUMN 2021 tahun ke-10. Dalam ajang tersebut BRI dinobatkan sebagai perusahaan kategori The Best Corporate. 

Perusahaan juga meraih penghargaan kategori Tata Kelola Perusahaan (GCG) Terbaik 1, dan kategori Transformasi Bisnis & Organisasi Terbaik 1. Sementara itu Direktur Utama BRI Sunarso diganjar dua penghargaan sekaligus yaitu sebagai The Best CEO dan juga sebagai CEO Strategic Orientation Terbaik.

Penghargaan tersebut diberikan kepada BRI berdasarkan hasil penilaian independen para dewan juri yang menjadi pakar di bidangnya, salah satunya menteri BUMN pertama dan Dewan Pakar BUMN Track Tanri Abeng.

Menurut Tanri Abeng yang menjadi salah satu Dewan Juri pada ajang tersebut, Pandemi COVID-19 telah menguji ketahanan perekonomian Indonesia. Namun demikian, BRI dianggap berhasil menerapkan langkah-langkah strategis sehingga dapat tetap mencatatkan kinerja positif di tengah krisis. 

Strategi BRI yang dapat menjaga keseimbangan antara economic value dan social value untuk menciptakan kinerja perusahaan yang sustain juga menjadi keunggulan tersendiri yang tidak banyak dimiliki oleh perusahaan lain.

"Pencapaian luar biasa perusahaan tidak terlepas dari pemimpinnya yang memiliki leadership yang excellence, dan kapabilitas leadership CEO BRI tidak diragukan lagi", tambah Tanri Abeng.

Sunarso menegaskan, penghargaan yang diterima BRI jadi pemicu perseroan untuk terus memberikan layanan dan produk terbaik bagi masyarakat. Ini juga menjadi pembuktian bahwa selama ini BRI telah menjalani tugas dan perannya sebagai BUMN dengan pengelolaan yang baik, transparan, dan terpercaya. 

"Kami pastikan, ke depannya BRI akan terus berkontribusi untuk kebangkitan perekonomian nasional," tegasnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya