BTN Salurkan KPR Subsidi 31 Ribu Rumah hingga Pertengahan April 2021

Ilustrasi proyek perumahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

VIVA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggenjot penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi pada awal tahun ini. Hingga pertengahan April 2021, merealisasikan penyaluran KPR Subsidi untuk lebih dari 31 ribu unit rumah.

Ini 5 Dampak Serius Konflik Iran-Israel ke Ekonomi RI, Simak!

Direktur Consumer and Commercial Banking Bank BTN Hirwandi Gafar mengatakan, permintaan pembiayaan perumahan di tahun 2021 mulai menunjukkan peningkatan. Hal itu sejalan dengan berbagai kebijakan pemerintah untuk mendongkrak ekonomi nasional.

Baca juga: Upah Buruh Tergerus Inflasi Maret 2021

Bicara Dampak Konflik Iran-Israel ke Harga BBM dan LPG, Dirjen Migas: Tidak Perlu Direspons Segera

Memanfaatkan berbagai stimulus positif dari pemerintah tersebut, tambah Hirwandi, BTN juga mengoptimalkan penyaluran KPR Subsidi. Sehingga penyalurannya bisa lebih maksimal dan tepat sasaran. 

"Kami terus mengoptimalkan penyaluran agar semakin banyak masyarakat Indonesia bisa memiliki rumah terutama di tengah pandemi yang mewajibkan mayoritas aktivitas dilakukan di rumah," tutur Hirwandi dikutip dari keterangannya di Jakarta, Kamis 15 April 2021.

Konflik Iran Vs Israel, Harga BBM Subsidi Naik?

Lebih lanjut menurutnya, sejak pandemi dimulai pada awal 2020 hingga pertengahan April 2021, emiten bersandi saham BBTN juga tercatat telah memberikan KPR Subsidi baik skema konvensional maupun syariah untuk lebih dari 153 ribu unit rumah. Nilai penyaluran untuk ratusan ribu hunian tersebut setara Rp21,5 triliun. 

Produk KPR Subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ditawarkan pun beragam. Antara lain, produk KPR Subsidi berskema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Subsidi Selisih Bunga (SSB) dengan bunga 5 persen fix rate atau tetap hingga 20 tahun. 

Dia mengatakan, BTN juga punya produk KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) dengan bantuan uang muka hingga Rp40 juta. 

Semua pembiayaan itu bisa  dimanfaatkan MBR dari seluruh segmen mulai yang bekerja di sektor Pemerintah maupun swasta. Lalu mereka yang berpenghasilan fixed income maupun non fixed income ataupun pegawai tetap maupun pegawai kontrak.

"Dengan adanya ragam pilihan KPR Subsidi Konvensional dan Syariah di Bank BTN juga memberikan kemudahan bagi pengembang dan MBR dalam memilih akad pembiayaan di satu bank," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya