Erick Thohir Angkat Kaharuddin Djenod Jadi Dirut PT PAL Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merombak susunan Direksi PT PAL Indonesia (Persero). Selain itu juga dilakukan perubahan nomenklatur pada jabatan direksi BUMN yang bergerak di bidang industri pertahanan dan manufaktur yang bermarkas di Surabaya itu.

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

Perubahan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Erick Thohir Nomor: SK-123/MBU/04/2021 tanggal 21 April 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero).

Dalam Surat keputusan tersebut, Kementerian BUMN memutuskan untuk memberhentikan Direktur Utama Budiman Saleh. Disamping itu, Direktur Rekayasa Umum & Harkan Sutrisno beserta Direktur Pembangunan Kapal Turitan diberhentikan dengan hormat dengan periode masa tugas yang telah usai.

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

“Jadi kepada Bapak Budiman Saleh, Bapak Sutrisno dan Bapak Turitan Indaryo Kami sampaikan ucapan terima kasih atas sumbangan pikiran dan tenaga selama menjabat sebagai direksi perseroan. Kami berharap dengan adanya penunjukan posisi Direksi ini akan membuat PAL menjadi perusahaan berkelas dunia yang mampu bersaing di pasar global,” ujar Sekretaris Perusahaan, Rariya Budi Harta dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis 22 April 2021.

Baca juga: IHSG Dibuka Menghijau, Cermati Rekomendasi Saham Hari Ini

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang pun ditunjuk sebagai Direktur Utama melalui Surat Keputusan yang disampaikan oleh Plh. Asisten Deputi Bidang Industri Pertahanan dan Manufaktur, Abdi Mustakim. Penunjukan tersebut dilaksanakan secara daring dari Kantor Pusat Kementrian BUMN dan kantor pusat PT PAL Indonesia di Surabaya.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT PAL Indonesia yang baru, Kaharuddin Djenod menyampaikan bahwa tantangan ke depan yang dihadapi adalah kesiapan menyambut era industri 4.0. Ia berharap agar PAL dapat selalu membawa kontribusi yang terbaik kepada negara.

Di samping itu, Kementerian BUMN juga memutuskan untuk mengubah nomenklatur jabatan Direktur Rekayasa Umum, Pemeliharaan, dan Perbaikan menjadi Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan yang kini dijabat oleh Kuntjoro Pinardi. Sementara itu, nomenklatur Direktur Pembangunan Kapal dirubah menjadi Direktur Produksi, yang kini dijabat Bapak Iqbal Fikri.

Sekretaris Perusahaan, Rariya Budi Harta menambahkan, keluarga besar PT PAL Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Dewan Direksi yang telah menjabat atas dedikasi untuk memberikan kontribusi dan integritas yang tinggi. "Sehingga dapat membawa perusahaan tren positif selama tiga tahun belakangan,” kata dia.

Dengan demikian, berikut susunan Dewan Direksi PT PAL Indonesia (Persero) per tanggal 21 April 2021:

Dewan Direksi

Direktur Utama: Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang
Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan: Kuntjoro Pinardi
Direktur Produksi: Iqbal Fikri
Direktur Keuangan: Irianto
Direktur SDM & Umum: Etty Soewardani

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya