PT PP Lepas Saham di Tol Medan ke Investor Hong Kong, Ini Alasannya

Simpang susun tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Sumatera Utara.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – PT PP Tbk sepakat untuk melepaskan kepemilikan saham yang dimiliki oleh sebesar 15 persen di PT Jasamarga Kualanamu Tol yaitu pengelola ruas  Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Saham itu dilepas kepada investor asing asal Hong Kong, yaitu Kings Ring Limited.

Bursa Saham Asia Kompak Anjlok Imbas Eskalasi Konflik Iran-Israel, BEI Buka Suara

Nilai transaksi penjualan jalan tol tersebut ditaksir mencapai sekitar Rp412 Miliar. Kings Ring Limited merupakan bagian dari group Road King Expressway International Holding Limited (RKEIH). Perusahaan itu diketahui merupakan salah satu investor dan operator jalan tol dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di Kawasan Asia Timur.

Baca juga: Stafsus Menteri BUMN Buka Untung Waskita dari Divestasi Tol Medan

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar Akibat Fluktuasi Rupiah hingga Kondisi Geopolitik Global

Penandatanganan akta jual beli saham atau sales purchase Agreement (SPA) dilakukan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta pada hari Kamis lalu. Aksi korporasi ini dinilai merupakan salah satu momentum penting bagi PTPP 

Direktur Utama PT PP Novel Arsyad menjelaskan alasannya. Menurutnya, dengan dilakukannya penandatanganan SPA ini dapat meningkatkan kepercayaan para investor baik lokal maupun asing terhadap PT PP. Sebab, kinerja baik perusahaan tercermin dari adanya JMKT yang merupakan salah satu portofolio investasi terbaik yang dimiliki.

Dibuka Menguat, IHSG Diprediksi Balik Melemah Hari Ini

"Laju harian rata-rata di jalan tol ini telah melampaui target yang tertera sebelumnya pada rencana bisnis. (Ruas) MKTT merupakan jalur alternatif kendaraan yang akan menuju ke arah Timur dari Kota Medan menuju Kota Tebing Tinggi yang juga akan terkoneksi dengan ruas Jalan Tol Belawan-MedanTanjung Morawa," ujar Novel dikutip dari keterangannya, Jumat 23 April 2021.

Lebih lanjut menurutnya, hasil dari divestasi ini nantinya akan memperkuat permodalan perusahaan. Khususnya dalam menggenjot kinerja pada tahun ini sehingga bisa lebih maksimal.

“Dana segar hasil penjualan Jalan Tol MKTT tersebut akan digunakan untuk tambahan modal kerja perusahaan dan pengembangan proyek investasi infrastruktur lainnya. Kami percaya aksi korporasi ini akan memberikan benefit yang baik untuk Kings Ring Limited maupun JMKT,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya