Mulai Tunjukkan Hasil, Bisnis Digital Kerek Kinerja BNI

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar dan jajaran direksi.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Investasi di sektor teknologi yang dilakukan oleh PT Bank Negara Indonesia (BNI) telah berbuah manis. Di mana digitalisasi perbankan yang dilakukan BNI telah berhasil mendorong kinerja perseroan.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Direktur IT dan Operasi BNI YB Hariantono mengatakan, pandemi COVID-19 telah mengakselerasi perubahan perilaku masyarakat untuk mengalihkan transaksinya dari cabang dan channel konvensional seperti ATM kepada layanan digital. 

Untuk itu, kata dia, BNI menyikapi hal ini dengan percepatan transformasi layanan digital yang berfokus pada tiga layanan champion, yaitu Pertama, Peningkatan Kapabilitas Mobile Banking secara berkelanjutan (pada segmen konsumer). 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kedua, terus meningkatkan Platform Transactional Banking yang kuat yaitu melalui produk BNI Direct dan solusi cash management terintegrasi (segmen korporasi). 

Dan Ketiga, memperluas layanan digital BNI melalui kerja sama dengan fintech, e-commerce, serta ekosistem bisnis lainnya melalui Application Programming Interface/ API Digital Service BNI.
        
Hariantono menjelaskan, BNI Mobile Banking, yang disiapkan sebagai fasilitas layanan perbankan yang dominan untuk digunakan para nasabah ritel. Di mana hingga kuartal I-2021, jumlah penggunanya mencapai 8,56 juta atau tumbuh 58,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 5,41 juta nasabah.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Kemudian, dari sisi nilai transaksi pun tercatat Rp138 triliun pada Maret 2021 atau tumbuh 33,2 persen dibandingkan Maret 2020 sebesar Rp103 triliun. Dan  jumlah transaksi yang dilakukan melalui BNI Mobile Banking adalah sebanyak 95 juta atau meningkat 50,4 persen dibandingkan Kuartal I-2020 yang mencapai 63 juta transaksi. 
        
"Tingginya animo pengguna BNI Mobile Banking disebabkan oleh fitur baru yang diluncurkan melengkapi layanan di dalamnya, seperti Biometric Login, pembukaan rekening secara digital dengan fitur pengenalan wajah atau face recognition, peminjaman dana, pengelolaan tagihan kartu kredit, pengembangan e-wallet hingga pengembangan QR payment," jelas Hariantono, Senin 26 April 2021.

Selain itu, lanjut dia, inovasi fitur BNI Mobile Banking mendapatkan apresiasi dari penggunanya tercermin dari meningkatnya rating aplikasi BNI Mobile Banking di Android Play Store dari 3,6 pada Agustus 2020 menjadi 4,9 pada Maret 2021.

Selanjutnya, Hariantono menjelaskan platform digital transactional banking atau BNI Direct, menawarkan solusi terintegrasi layanan Payment Management, Collection Management, Liquidity Management, Value Chain Management, hingga Open Banking Solution

Tercatat hingga Maret 2021, jumlah nasabah cash management BNI mencapai lebih dari 72 ribu, meningkat 24 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dengan volume transaksi di 3 bulan pertama tahun 2021 mencapai Rp968 triliun yang meningkat 22,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020. 

"Hal ini mempertegas inisiatif BNI untuk terus meningkatkan layanan digital tidak hanya kepada nasabah ritel, namun juga kepada nasabah korporasi dan UMKM yang jumlahnya mencapai 83,6 persen dari total kredit yang disalurkan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, API Digital Service BNI yang mulai dikembangkan sejak 2018, dan kini sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan. Saat ini, BNI telah menyediakan 238 API services, terbanyak diantara bank di Indonesia, dengan jumlah pengguna lebih dari 3.000 klien. 

API Digital Service BNI pada November 2020 yang lalu bahkan telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai pemenang Best Overall Developer Portal – Community Prize Nominees, menyisihkan pesaing sebanyak 32 API Portal dari korporasi global berbagai negara.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya