IHSG Dibuka Menghijau, Saham Sektor Ini Bakal Terus Dorong Penguatan

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menghijau di level 6.011 pada pembukaan perdagangan Kamis 29 April 2021. Posisi itu menguat 36 poin atau 0,61 persen, dibanding penutupan perdagangan Rabu 28 April 2021 di level 5.974.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya saham-saham di sektor industri dasar, konsumsi, dan pertambangan memimpin penguatan," kata Lanjar dalam riset hariannya, Kamis 29 April 2021.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Baca juga: Bahlil Jadi Menteri Investasi, Hipmi Janji Bantu Tarik Banyak Investor

Lanjar menjelaskan, rebound-nya saham-saham peternakan yang sebelumnya melemah signifikan selama dua hari berturut-turut, mampu membalikan kondisi pergerakan IHSG ke zona positif.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Secara global, para investor disibukkan dengan laporan pendapatan emiten, yang rilis di tengah kenaikan pajak yang membayangi di Amerika Serikat. Selanjutnya, investor terfokus pada pertemuan The Fed dan Pidato Joe Biden guna membahas arah kebijakan lanjutan di tengah data PDB AS yang akan rilis.

Di mana, perkiraannya yakni terdapat pertumbuhan yang lebih cepat di kuartal I-2021, yang akan menjadi trigger bagi para investor.

Secara teknikal, IHSG bergerak bertahan di level support dan berpotensi melanjutkan penguatan, demi melihat momentum indikator RSI dan Stochastic yang berada di area oversold. Potensi golden-cross terlihat pada indikator Stochastic, dengan MACD yang undervalue.

"Sehingga secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan penguatan dengan support resistance 5.939-6.019," ujarnya.

Lanjar juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni ANTM, BBRI, BBTN, BMRI, CPIN, HMSP, HRUM, INDY, PGAS, SCMA.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya