Harga Komoditas Tambang Naik, IHSG Diprediksi Lanjutkan Penguatan

Ilustrasi papan IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menghijau di level 6.025 pada pembukaan perdagangan Jumat, 30 April 2021. Posisi itu menguat 12 poin atau 0,21 persen, dibanding penutupan perdagangan Kamis 29 April 2021 di level 6.012.

Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Ekonomi Sirkular

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya saham-saham di sektor pertambangan, aneka industri, dan perdagangan, naik lebih dari dua persen," kata Lanjar dalam riset hariannya, Jumat 30 April 2021.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Baca juga: Porang RI Laris Manis di Dunia, Khofifah Larang Ekspor Bibit

Lanjar menjelaskan, mayoritas harga komoditas tambang yang naik menjadi trigger penguatan saham-saham di sektor pertambangan. Investor asing masih tercatat net sell sebesar Rp21,78 miliar, saat menanti data ekonomi Amerika Serikat seperti data soal PDB dan hasil pertemuan The Federal Reserve.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

The Fed sendiri telah memperkuat penilaiannya terhadap ekonomi, menegaskan kembali dukungan agresif yang berkelanjutan di tengah kebutuhan untuk kemajuan lebih dalam pekerjaan dan inflasi.

Gubernur Fed, Jerome Powell menepis kekhawatiran tentang lonjakan harga atau anekdot kekurangan tenaga kerja, yang menyiratkan bahwa bank sentral siap untuk menjalankan ekonomi panas untuk sementara waktu.

Presiden Joe Biden meluncurkan paket stimulus US$1,8 triliun yang ditargetkan untuk keluarga Amerika, dan menambah optimisme ekonomi.

Secara teknikal, IHSG mengkonfirmasi rebound dengan break out resistance MA5 dan MA20, dengan potensi menguat menguji resistance. Indikator Stochastic golden-cross pada area oversold, dengan MACD yang bergerak undervalue.

"Sehingga secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan penguatan dengan support resistance 5.979-6.034," ujarnya.

Lanjar juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni ACST, ADRO, ASII, BBTN, BJBR, BNGA, ERAA, HRUM, ICBP, INDY, MCAS, SCMA, TLKM, UNTR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya