Jelang Lebaran, BNI Siapkan Uang Tunai Rp12,9 Triliun

Gedung / Grha BNI 46
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp12,9 triliun per minggu dalam memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah atau Lebaran 2021. Jumlah uang tersebut diperkirakan bisa penuhi kebutuhan yang meningkat selama libur Lebaran tahun ini.

Buka Layanan Tukar Uang Lebaran di Istora, BI Sebut Kuota Sudah Penuh 

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI, YB Hariantono, mengatakan perseroan akan mengalokasikan uang tunai tersebut untuk memenuhi kebutuhan dana pada mesin–mesin ATM BNI, yang diperhitungkan mencapai sebesar Rp8,57 triliun.

"Uang tunai tersebut juga akan menutup tambahan kebutuhan uang tunai di outlet-outlet kami, di mana pada musim Libur Lebaran kali ini diperkirakan mencapai Rp4,34 triliun," ujarnya kepada media di Jakarta, Kamis 6 Mei 2021.

BI Sudah Gelontorkan Rp 75 Triliun Uang Tunai Buat Lebaran 2024

Selain itu, Hariantono mengatakan BNI juga memperkuat layanan digital seiring dengan perilaku nasabah dan masyarakat yang berubah menjadi sangat tergantung pada layanan elektronik selama Pandemi selama lebih dari setahun ini. 

Penguatan layanan digital tersebut dilakukan dengan menambah berbagai berbagai fitur digital channel sehingga semakin mempermudah transaksi selama masa libur Lebaran. Salah satu, produk digital yang menjadi andalan adalah BNI Mobile Banking.  
         
"Sebagai product champion, BNI Mobile Banking dilengkapi fitur yang memudahkan masyarakat berbagi berkah pada momen sebesar Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat dapat menggunakan fitur TRANSFER, di mana mereka dapat mengirimkan uang baik ke sesama rekening BNI ataupun ke rekening bank lain," jelas Hariantono.

Sambut Lebaran, BTN Siapkan Uang Tunai Rp 39,44 Triliun

Selain itu, kata dia, masyarakat juga dapat berbagi dengan melakukan pembayaran Zakat/ Infaq/ Shadaqah/ Wakaf melalui fitur Pembayaran di BNI Mobile Banking. Terdapat juga fitur baru yaitu DiKado di mana masyarakat dapat berbagi dengan mengirimkan digital kado yang disertai dengan kartu ucapan.
 
"Kadonya pun beragam, dapat dipilih seperti transfer uang tunai (antar BNI atau antar bank), top up GoPay/ LinkAja, top up pulsa, hingga tarik tunai, tanpa kartu (Mobile Tunai)," ujar Hariantono.
 
Tetap Membuka 197 Outlet
          
Sementara itu, Direktur Layanan dan Jaringan BNI, Ronny Venir menuturkan demi memaksimalkan layanan, BNI tetap membuka 197 outletnya pada masa libur cuti Bersama Idul Fitri 2021, yaitu pada 12 Mei 2021. 

Selain itu juga, Ronny mengatakan sebanyak 24 outlet kembali beroperasi secara terbatas pada 14 Mei 2021. Sedangkan, seluruh outlet BNI hanya tutup operasi pada 13 Mei 2021. 
          
Pada saat operasional terbatas, outlet yang beroperasi akan tetap memberikan layanan pembayaran pajak, hingga melayani setoran Pertamina.    

"Nasabah tetap dapat menikmati layanan dan bertransaksi melalui berbagai fitur digital channel kami yang tetap beroperasi selama masa cuti bersama tersebut, seperti dapat melakukan penarikan tunai 7x24 jam di seluruh ATM/CRM (Cash Recycle Machine) BNI, SMS Banking, Internet Banking, serta memaksimalkan manfaat BNI Mobile Banking," ujar Ronny. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya