Ekspansi, Adhi Commuter Properti Terbitkan Obligasi Rp500 Miliar

Proyek LRT City (salah satu proyek Adhi Commuter Properti).
Sumber :
  • Dokumentasi LRT City.

VIVA – Guna mengantisipasi pulihnya kondisi bisnis properti, PT Adhi Commuter Properti (ADCP) menerbitkan Obligasi I Adhi Commuter. Instrumen pembiayaan itu diterbitkan dengan jumlah pokok sebanyak banyaknya Rp500 miliar yang terdiri dari Seri A dengan tenor 367 hari, dan Seri B dengan tenor 3 tahun.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Direktur Utama PT Adhi Commuter Properti, Rizkan Firman, mengatakan, obligasi perdana yang diterbitkan ADCP ini memperoleh hasil pemeringkatan Triple B dari Pefindo.

"Seluruh dana hasil penerbitan obligasi tersebut akan digunakan untuk membiayai belanja modal dalam upaya menambah portofolio dan melakukan ekspansi usaha," kata Rizkan dalam keterangan tertulisnya, Selasa 11 Mei 2021.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

Baca juga: Sidang Habib Rizieq, Mahdi Bongkar Isi Pertemuan dengan Bima Arya

Pada masa bookbuilding (minggu 2-3 April 2021) telah terserap dengan nilai total Rp337 miliar. Dengan rincian Seri A sebanyak Rp328 miliar dan Seri B sebanyak Rp9 miliar. Saat ini masuk dalam tahap penawaran umum dengan best effort senilai Rp163 miliar.

Pemilu Lancar Digelar, Intip Prospek Investasi Reksa Dana dan Deposito

Rizkan mengaku, respons pada masa penawaran umum ini sangat baik, ditandai dengan telah didapatkannya stand by investor yang akan mengambil keseluruhan nilai best effort yang ditawarkan. "Melihat animo positif dari penerbitan surat utang ini ADCP optimis oversubscribe terhadap target," ujar Rizkan

Dia mengatakan, respons baik ini menunjukkan bahwa market optimis terhadap konsep pengembangan kawasan berbasis TOD (transit oriented development) yang fokus digarap ADCP ini.

Terlebih, konsep properti berbasis integrasi dengan transportasi massal ini sudah terbukti sukses dikembangkan di mancanegara termasuk di beberapa negara tetangga. Hal itu dapat dilihat dari pertumbuhan nilai properti dan bisnis yang tinggi, sekaligus mendukung perencanaan dan penataan kota yang lebih baik.

"Bunga obligasi akan dibayarkan setiap tiga bulan sejak tanggal emisi. Pembayaran bunga obligasi akan dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2021, sedangkan pembayaran obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo obligasi masing-masing adalah tanggal 27 Mei 2022 untuk obligasi Seri A dan 20 Mei 2024 untuk obligasi Seri B," ujarnya.

Diketahui, PT Sucor Sekuritas dan PT Aldiracitra Sekuritas Indonesia sebagai penjamin emisi obligasi, sedangkan Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) ditunjuk sebagai Wali Amanah dalam penerbitan obligasi I Adhi Commuter tersebut.

Adapun pada tanggal 7 Mei 2021 ADCP telah mendapatkan pernyataan efektif oleh OJK, dan mulai dari tanggal 11-17 Mei 2021 akan diadakan masa penawaran umum serta direncanakan pendistribusian obligasi pada tanggal 20 Mei 2021. (dum)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya