Bank Mandiri Kasih Kredit Murah ke Nasabah yang Mau Pasang Panel Surya

Panel surya di atap rumah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – PT Bank Mandiri Tbk akan menyiapkan pembiayaan dengan skema kartu kredit atau pinjaman tanpa agunan yang murah, dan dapat dicicil bagi nasabah untuk pemasangan instalasi solar panel atau panel surya.

Tumbuh 11,7 Persen, BCA Bukukan Laba Bersih Rp 12,9 Triliun Kuartal I-2024

Fasilitas Ini disediakan setelah adanya kesepakatan kerja sama dalam bentuk nota kesepahaman antara Bank Mandiri dengan PT Len Agra Energy, SKK Migas dan didukung Kementerian ESDM serta Dewan Energi Nasional.

Kerja sama ini dikukuhkan dengan tujuan untuk terus memperkuat ekosistem solar panel guna mendukung agenda pengembangan energi baru dan terbarukan di Tanah Air. Terutama untuk mendukung energi bersih.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus Koernianto mengatakan, inisiatif ini merupakan bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap target bauran energi nasional sebesar 23 persen pada 2025.

Baca juga: 112 Perusahaan di Jateng Cicil Pembayaran THR Karyawan

Hari Kartini, Perempuan Bisa Dapat Bunga Kredit BCA 3 Persenan

Pemerintah Indonesia dan pelaku industri sejak tahun lalu dikatakannya terus berupaya untuk mengakselerasi pengembangan EBT di Indonesia. Agar bisa bersaing dengan energy fosil. 

Sebagaimana diketahui, hingga akhir 2020 realisasi bauran EBT di Indonesia telah mencapai 11,2 persen atau 10,6 Giga Watt (GW), dengan target pada 2025 sebesar 24 GW.

"Sebagai salah satu bank BUMN dengan peran sebagai agen pembangunan, Bank Mandiri memiliki komitmen kuat dalam menjalankan praktik keuangan berkelanjutan," kata Josephus dikutip dari keterangan resminya, Selasa, 11 Mei 2021.

Adapun, salah satu inisiatif dalam pilar sustainable banking adalah pembiayaan kepada sektor-sektor berkelanjutan seperti Energi Baru Terbarukan. Pembiayaan tersebut dapat disalurkan kepada korporasi ataupun masyarakat retail.

"Dan salah satu opsi percepatan target bauran tersebut adalah optimalisasi pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya sebagai sumber energi baru terbarukan," katanya.

Selain itu, Bank Mandiri juga berharap dapat terus mendukung program Pemerintah untuk menggali dan memanfaatkan potensi EBT yang cukup besar di Indonesia. Serta mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya