GoTo Diharapkan Permudah Langkah UMKM Go Digital dan Naik Kelas

Goto, Gojek dan Tokopedia.
Sumber :
  • GoTo

VIVA – Kolaborasi bisnis Gojek dan Tokopedia melalui pembentukan Grup GoTo, diharapkan mempermudah pengadopsian teknologi digital oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM.

Kado Pernikahan Peralatan Rumah Tangga buat Sahabat, Pasti Bermanfaat

Co-founder UKM Indonesia, Dewi Meisari Haryanti juga meyakini, kombinasi bisnis GoTo juga akan mempercepat UMKM di Indonesia untuk segera naik kelas.

"Kehadiran GoTo harus bisa menyederhanakan proses pengadopsian teknologi bagi UMKM. Apalagi kolaborasi dua startup ini akan membentuk super ekosistem bisnis digital yang menaungi jutaan UMKM," kata Dewi dalam keterangan tertulisnya, Selasa 18 Mei 2021.

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Baca juga: Pendapatan BUMI pada 2020 Turun 21 Persen, Ini Penjelasannya

Menurutnya, integrasi kedua raksasa ini memungkinkan pelaku usaha kecil untuk lebih mudah memahami transaksi secara digital. Dengan fitur yang lebih lengkap dan tersedia dalam satu ekosistem, tentunya teknologi GoTo juga akan semakin inklusif.

Biaya Layanan Tokopedia Naik 9 Hari Lagi

"Semoga ke depan akan lebih banyak UMKM produsen yang bisa menjadi seller di marketplace GoTo, yang punya eksposur besar dan bukan hanya pedagang saja. Itu yang paling utama," ujarnya.

Selain itu, Dewi berharap bahwa manfaat lain dari kolaborasi Gojek-Tokopedia itu akan dapat menghadirkan efisiensi dalam hal edukasi pasar. Sehingga para merchant/seller bisa meningkatkan skala usahanya.

Karenanya, lanjut Dewi, GoTo perlu mengalokasikan sumber daya yang besar untuk pemberdayaan merchant atau seller yang aktif, dan memberikan pendampingan yang dibutuhkan untuk mereka agar bisa naik kelas.

"Misalnya dari sebelumya level mikro menjadi usaha kecil dan seterusnya," kata Dewi.

Bersatunya dua raksasa besar yang merupakan perusahaan yang memiliki DNA untuk pemberdayaan UMKM ini, diharapkan benar-benar bisa membantu keduanya untuk mengkonsolidasikan beberapa sumber dayanya. Sehingga, hal itu juga bisa menciptakan efisiensi dalam hal market education.

Dewi menegaskan, hal semacam ini sangat dibutuhkan karena layanan teknologi digital sangat memerlukan edukasi pasar yang bukan hanya masif, tapi juga mendalam.

"Faktor penting lainnya dari kombinasi bisnis dalam GoTo adalah dalam hal logistik. Contohnya seperti layanan pengiriman same day atau instant di Tokopedia, yang diharapkan bisa menjadi opsi pilihan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya