AMKA Bersiap Groundbreak Proyek Bukit Algoritma Senilai Rp18 T

Lahan yang berada di Desa Cicareh, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jabar yang dijadikan lokasi pembangunan Proyek Bukit Algoritma KEK pengembangan teknologi dan industri 4.0
Sumber :
  • Antara/Aditya Rohman

VIVA – Badan Usaha Milik Negara bidang konstruksi PT Amarta Karya (AMKA) menggenjot proses persiapan pembangunan Bukit Algoritma atau Silicon Valley-nya Indonesia, yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Groundbreaking proyek tersebut rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat.

INFOGRAFIK: BSD dan PIK Masuk Daftar Proyek Strategis Nasional

Direktur Utama AMKA Nikolas Agung menjabarkan, Bukit Algoritma adalah proyek berbentuk Kerja Sama Operasi antara PT Kiniku Bintang Raya dengan AMKA. AMKA dipercaya sebagai mitra infrastruktur pada tahap
pertama selama tiga tahun ke depan.

"Perlu disampaikan bahwa selama bulan puasa hingga hari ini tim kami tetap bekerja. Bahkan, unit bisnis kami Amarta Geospasial melakukan mapping terkait rencana jalan dan infrastruktur," ujar Nikolas saat melakukan pertemuan dengan Tim Bukit Algoritma, dikutip dari keterangannya, Rabu, 19 Mei 2021.

Menhub Groundbreaking Pembangunan Stasiun Berkonsep Komersil di Tangerang

Baca juga: Unilever Pastikan Semua Karyawan Disuntik Vaksin Gotong Royong

Dia mengatakan, proyek yang berlokasi di Cikidang dan Cibadak, Sukabumi ini dibangun di atas lahan seluas 888 hektare dan diperkirakan menelan biaya sebesar 1 miliar euro atau sekitar Rp18 triliun. 

BSD dan PIK 2 Masuk Daftar PSN, Ini Penjelasan Lengkap Pemerintah

"Kami berharap mudah-mudahan proyek ini bisa segera groundbreaking setelah Lebaran," tambahnya.

Lebih lanjut menurutnya, proyek Bukit Algoritma bertujuan untuk meningkatkan kualitas ekonomi dalam industri 4.0. Kemudian, peningkatan pendidikan dan penciptaan pusat riset & development untuk menampung idea anak bangsa, serta meningkatkan sektor pariwisata di kawasan setempat. 

Selain itu, dia mengatakan, pengembangan KEK Sukabumi dinilai dapat meningkatkan infrastruktur pertumbuhan tangguh berkelanjutan dan pembangunan SDM berbasis iptek. Sehingga pada akhirnya pemulihan ekonomi nasional (PEN) bisa terakselerasi.

“Karena itu, akan kami tunjukkan kualitas terbaik kami dengan melakukan best effort dan best practice, serta bergandengan tangan dengan pihak-pihak yang
berkepentingan agar proyek yang dipercayakan pada AMKA ini bisa dilaksanakan dengan lancar,” Kata Nikolas.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana PT Kiniku Bintang Raya KSO Budiman Sudjatmiko berharap, Bukit Algoritma segera groundbreaking Bukit Algoritma. Sehingga, pengerjaannya bisa selesai sesuai dengan target.

“Mengingat pentingnya Bukit Algoritma ini, maka saya berharap agar pertemuan kita menjadi langkah penting untuk dapatnya kita menuju groundbreaking dalam waktu dekat ini,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya