Buka Festival Joglosemar 2021, Jokowi: Beri Tempat Terbaik untuk UMKM

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Presiden Joko Widodo resmi membuka Festival Joglosemar bertajuk 'Artisan Of Java' siang ini di Candi Borobudur, Yogyakarta. Festival ini merupakan Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada 2021.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan, semua pihak harus terlibat dn ikut bergerak dalam GNBI. Khususnya untuk memastikan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi tuan rumah di pasar nasional.

"Beri tempat terbaik bagi UMKM kita untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya," ujar Jokowi saat membuka Festival Joglosemar secara virtual, Kamis 20 Mei 2021.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Komitmen tersebut dikatakan Jokowi bisa dilakukan dengan mendorong produk-produk UMKM dipasarkan di area-area-strategis. Salah satunya di tempat perbelanjaan atau mal.

Baca juga: Realisasi Neraca Perdagangan Bakal Jadi Obat Kuat Rupiah Hari Ini

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Tempatkan produk UMKM di etalase terdepan pusat perbelanjaan," ungkapnya.

Kemudian, Jokowi pun ingin area-area publik dan transportasi umum yang dikelola Pemerintah dan BUMN gencar mempromosikan produk UMKM. Sehingga, tidak hanya pasar nya saja terbuka, tapi daya saingnya juga bisa meningkat.

"Produk umkm harus lebih banyak mengisi airport, rest area dan tempat-tempat wisata tempat strategis lainnya," ungkapnya.

Dengan berbagai upaya tersebut, Jokowi pun meyakini, pemulihan ekonomi nasional bisa terkaselerasi. Kemudian, pertumbuhan ekonomi pun bisa merata dan UMKM bisa jadi tulang punggung ekonomi nasional di masa depan.

"Bukan di Festival Joglosemar saja, tapi kebangkitan produk dalam negeri pasar nasional dan kompetitif di pasar global dan UMKM naik kelas," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya