Gerakan Non Tunai Jadi Alasan Cek Saldo di ATM Link Kena Biaya

Peluncuran ATM Link Himbara tahun 2015 silam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arie Dwi Budiawati

VIVA – Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) bersama PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), akhirnya menjelaskan alasan pengenaan biaya pada layanan cek saldo dan penarikan tunai di ATM Link mulai 1 Juni 2021 mendatang.

Limit Transaksi BCA dan Biaya Admin Tahapan Xpresi Resmi Naik Hari Ini, Simak Rinciannya

Dalam siaran pers yang diterima VIVA, dijelaskan bahwa salah satu tujuan dari kebijakan itu adalah untuk mendorong Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) atau cashless society.

"Serta untuk mengurangi ketergantungan masyarakat atas penggunaan uang tunai dalam bertransaksi," sebagaimana dikutip dari siaran pers Himbara tersebut, Jumat 21 Mei 2021.

Cara Tarik Setor hingga Tarik Tunai Pakai Dompet Digital

Baca juga: Enaknya, PNS di Bawah Kemenko Marves Boleh Work From Bali

Alasan lainnya adalah karena telah berakhirnya masa pengenalan ATM Merah Putih, atau ATM dengan tampilan ATM Link sejak pertama kali didiperkenalkan ke masyarakat pada Desember 2015. ATM Merah Putih ini merupakan hasil sinergi mesin Anjungan Tunai Mandiri antarbank milik pemerintah atau BUMN yakni BRI, BNI, Bank Mandiri,  dan BTN.

Tarik Uang di ATM Rp100 Ribu, yang Keluar Malah Rp52 Ribu

Tarif yang diberlakukan pada transaksi cek saldo nantinya menjadi Rp2.500, dan tarik tunai menjadi Rp5.000. Kebijakan tersebut terhitung mulai 1 Juni 2021, dan akan berlaku sampai dengan adanya penyesuaian di kemudian hari.

Sedangkan transaksi transfer antar bank tidak dilakukan perubahan biaya, atau tetap dikenakan tarif Rp4.000. Namun, untuk transaksi cek saldo dan tarik tunai nasabah di jaringan ATM masing-masing bank akan tetap mengikuti ketentuan dari masing-masing bank tersebut.

Meski demikian, nasabah bank anggota Himbara tetap dapat bertransaksi di ATM Bank Himbara (ATM Link) tersebut dengan biaya yang lebih hemat jika dibandingkan dengan biaya transaksi diluar ATM Link. Di mana, biaya transaksi di luar ATM Link tersebut yakni sebesar Rp4.000 untuk cek saldo, Rp7.500 tarik tunai, dan Rp6.500 transfer.

Kebijakan ini disebut dilakukan untuk mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi di ATM Himbara, dan merupakan bentuk healthy business untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Hal ini juga merupakan komitmen untuk meningkatkan layanan perbankan inklusif, peningkatan keamanan, dan kualitas layanan yang pada akhirnya menciptakan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

Selain itu, untuk transaksi yang lebih praktis, mudah, dan juga lebih murah, Himbara mengajak nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital.

"Seperti menggunakan Internet Banking maupun Mobile Banking dari masing-masing bank Himbara.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya