Cek Saldo ATM Link Berbayar, Bank Mandiri: Gratis di Aplikasi Livin'

Bank Mandiri Pusat
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – PT Bank Mandiri Tbk menyatakan bahwa penyesuaian tarif layanan di anjungan tunai mandiri (ATM) Link tidak terjadi jika kartu debit yang dimasukkan sesuai dengan logo penyedia ATM yang digunakan.

Livin' by Mandiri Beri Bebas Biaya Transfer Antarbank, Begini Caranya

Senior Vice President Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi menjelaskan, transaksi cek saldo dan tarik tunai nasabah dengan kartu debit salah satu bank Himbara di ATM bank yang sama tidak dikenakan biaya atau gratis.

"Misalnya, transaksi kartu Bank Mandiri di ATM Bank Mandiri, meski ada logo ATM Link, tidak dikenakan biaya. Khusus nasabah Mandiri, cek saldo dan histori transaksi bisa juga dilakukan di aplikasi Livin',” kata dia melalui keterangan tertulis, Senin, 24 Mei 2021.

Livin' by Mandiri Error Jadi Trending Topic Twitter

Baca juga: Anindya Bakrie Komitmen Bikin Munas Kadin yang Teduh dan Harmonis

Thomas menekankan, penyesuaian tarif layanan ATM Link pada dasarnya disepakati seluruh anggota Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan transaksi nasabah terutama pengguna ATM Link.

Kinerja Gemilang, Transformasi Himbara Dongkrak Kinerja Ekonomi

Himbara sepakat untuk menyesuaikan skema biaya penggunaan ATM Link mulai 1 Juni 2021. Rinciannya, biaya atas transaksi cek saldo menjadi Rp2.500 dan tarik tunai menjadi Rp5.000. Adapun transaksi transfer antar bank tetap dikenakan tarif Rp4.000.

"Biaya transaksi di ATM Link akan lebih hemat dibandingkan dengan jaringan ATM selain Link. Penyesuaian ini senada dengan konsep healthy business untuk bisnis yang berkelanjutan,” kata Thomas.

Thomas juga menyatakan, ATM Link pada dasarnya telah dimanfaatkan Bank Mandiri sebagai jaringan ATM Link yang telah tersinergi dengan Himbara untuk memperluas akses nasabah. Sebab, kini telah ada sekitar 45.000 mesin ATM Link tersebar di berbagai penjuru Tanah Air.

"Bersama lebih dari 13.000 ATM Bank Mandiri, kehadiran ATM Link semakin melengkapi layanan berbasis online perseroan dan mengurangi ketergantungan nasabah pada kantor cabang,” ucapnya.

Pemanfaatan jaringan ATM Link, dia menambahkan, juga sejalan dengan imbauan pemerintah untuk melakukan protokol Kesehatan di tengah kondisi pandemi COVID-19 salah satunya dengan menghindari kerumunan di ruang publik guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Apalagi, ATM Link sudah menerapkan standar protokol kesehatan mulai dari ketersediaan hand sanitizer dan tempat cuci tangan, melaksanakan physical distancing hingga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ATM Link secara berkala.

Adapun dari sisi layanan, nasabah bank Himbara dapat melakukan beragam transaksi keuangan di ATM Link mulai dari cash withdrawal atau penarikan tunai, balance inquiry alias cek saldo, transfer antar bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa hingga isi ulang/top up uang elektronik Himbara.

“Keberadaan ATM Link yang tersebar di berbagai daerah bahkan sampai pelosok desa terpencil tentunya punya peran penting bagi masyarakat mengingat jumlah kantor cabang yang terbatas,” kata Thomas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya