Airlangga Minta Kontestasi Caketum Kadin Tak Ganggu Pemulihan Ekonomi

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di silaturami nasional Kadin.
Sumber :
  • VIVA/Adri Irianto

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan bahwa pemulihan ekonomi Indonesia dari dampak Pandemi COVID-19 sudah pada jalur yang benar. Dia meyakini pada tahun ini pertumbuhan ekonomi RI bisa pulih ke level 5 persen.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Untuk itu, dia meminta kalangan pengusaha untuk fokus membantu pemerintah menjaga tren perbaikan perekonomian. Ini termasuk kontestasi pemilihan Ketua Umum baru Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang menurutnya tidak boleh menggangu tren pemulihan.

"Saya berharap kontestasi yang ada di Kadin tidak membuat kita pindah jalur. Kontestasi yang ada untuk memperkuat Kadin dan kita bekerja untuk semua," kata dia di acara Silaturahim Nasional dengan Pengurus Kadin Indonesia di Jakarta, Jumat, 29 Mei 2021.

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

Dia memastikan pemerintah akan terus bersama-sama dengan Kadin untuk bekerja sama memperbaiki perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu. Apalagi, di tengah masa krisis akibat Pandemi COVID-19, kerja sama ini harus terus diperkuat demi mencapai target Indonesia maju 2024.

"Dan kita merupakan pihak yang sama berjuang untuk NKRI dan kita berjuang bersama kita kalahkan COVID. Kalau kita bisa berhasil kalahkan COVID tahun ini saya yakin Indonesia akan keluar menjadi bangsa yang besar tidak di 2030 tapi kita akan jadi bangsa yang besar di 2024," ucap dia.

Airlangga Respons Gugatan PDIP di PTUN: Keputusan MK Sudah Final

Diapun menegaskan, untuk bisa keluar dari masa krisis ini, semua pihak harus menciptakan program-program kerja yang berorientasi pada hasil, bukan pada proses. Karena itu, kontestasi pemilihan ketum Kadin diniliainya juga harus fokus pada penciptaan hasil pimpinan yang terbaik.

"Kita akan memperkuat persatuan dan kesatuan diantara kita, kita kokoh satu, solid dan kita punya toleransi yang tinggi. Kita beroriteasi pada hasil bukan pada berorientasi pada proses dan pemilihan hanya bagian dari proses tetapi pemerintah minta hasilnya yang terbaik bagi bangsa Indonesia," paparnya.

Dengan satu padunya pemerintah dan Kadin, Airlangga meyakini pada tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan bisa menyentuh angka 5 persen. Dia pun mengapresiasi acara silaturahim nasional yang diinisiasi Calon Ketua Umum Kadin 2021-2026 Anindya Bakrie karena bisa mempererat kerja sama pemerintah dan Kadin.

"Nah ini tugas kita bersama, Kadin untuk mendorong investasi dan spending agar di kuartal II pertumbuhan kita 7 persen. Kalau pertumbuhan kita 7 persen maka di akhir tahun saya yakin kita bisa mencapai 5 persen. Mudah-mudahan kita bisa lolos dari middle income trap dalam waktu yang lebih cepat sehingga bisa mencapai Indonesia sejahtera di 2045," ungkapnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya