Peter Gontha Beberkan CT Rugi Rp11 T di Garuda, Jawab Arya Sinulingga

Peter F Gontha
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Shalli Syartiqa

VIVA – Kisruh soal nasib Garuda Indonesia terus menjari sorotan publik saat ini. Buntut dari masalah keuangan yang dihadapi muncul saling serang antara pihak-pihak yang berkepentingan di maskapai kebanggaan RI tersebut.

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

Selain soal kerugian Garuda hingga terancam bangkrut, kini muncul konflik baru antara Juru Bicara Kementerian BUMN Arya Sinulingga dengan Komisaris Garuda Indonesia Peter F Gontha. Bahkan, nama Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan pun ikut disebut-sebut.

Peter Gontha melalui akun Instagram resmi miliknya @petergontha, mengungkapkan rasa tersinggungnya terhadap berbagai pernyataan Arrya di publik terkait posisinya sebagai komisaris Garuda Indonesia.

Astra Agro Lestari Sepakati Pembagian Dividen Final Rp 165 Per Saham

Dia pun mengunggah surat terbuka yang berisi pernyataan Arya beserta jawaban langsung dengan gamblang. "Kepada mas Arya Sinulingga, mhon maaf saya kasih penjelasan dikit yah melalui surat terbuka," tulis Peter dalam keterangan postingan tersebut, dikutip Sabtu, 5 Juni 2021.

Salah satu pernyataan Arya yang disoroti Peter yang disampaikan jawabannya melalui surat itu adalah, penunjukan sebagai komisaris oleh pemegang saham minoritas di Garuda Indonesia. Dia pun menjawab secara tegas bahwa pemegang saham minoritas itu adalah Bos CT Corp Chairul Tanjung.

Matahari Putra Prima Ditinggal Resign 3 Bosnya, Ada Apa?

"Memang saya mewakili orang yang memegang saham minoritas. Artinya dikit lah cuma 28 persen yaitu Chairul Tanjung. Tapi si minoritas yang rugi Rp11 Triliun ini ada perhitungannya," tulis Peter dalam surat itu.

Dia pun menjabarkan secara gamblang dari mana kerugian CT tersebut memegang saham Garuda Indonesia. Salah satunya harga saham yang dibeli CT 9 tahun lalu yaitu Rp625 per unit, sekarang melorot ke Rp256 per unit saham.

"Dalam kurun waktu 9 tahun kerugian CT saya hitung sudah Rp11,2 triliun termasuk bunga, belum hitung inflasi. Banyak juga ya Mas Arya?," lanjut Peter.

Dengan sejumlah fakta yang disampaikan itu, Peter pun menegaskan, dalam hal kerugian garuda yang paling sakit itu adalah CT. Yang disebut Arya minoritas, atau diistilahkan Peter adalah pemegang saham ece-ece.

"Sementara orang yang tidak setor apa-apa bikin aturan-aturan dan strategi tanpa libatkan pihak pak CT. Sedih kan?," ungkap Peter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya