Taspen Latih ASN Berwirausaha, Pastikan Sejahtera Sampai Tua

Taspen latih ASN berwirausaha.
Sumber :
  • Dokumentasi Taspen.

VIVA – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri atau Taspen Terus berupaya memastikan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunannya tetap terjaga hingga hari tua. Hal itu yang mendasari Pelatihan Program Wirausaha Pintar semakin digencarkan. 

Pontianak Siapkan 1.215 Formasi Calon ASN, Menteri PAN-RB: 200 Ribu Formasi untuk IKN

Pada pekan ini, pelatihan Program Wirausaha Pintar Aparatur Sipil Negara (ASN) di Hilton Bali Resort. Kegiatan pelatihan ini menyasar kepada 150 ASN aktif dan yang akan memasuki purna tugas dari sejumlah kantor dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung. 

Kepala Unit PKBL Taspen Kuspriyani mengatakan, Program Wirausaha Pintar bertujuan memberikan pemahaman dan membuka mindset serta minat ASN terhadap wirausaha. Melalui pembekalan-pembekalan guna mempersiapkan ASN menghadapi masa purna tugas.

Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

Baca juga: Peter Gontha Beberkan CT Rugi Rp11 T di Garuda, Jawab Arya Sinulingga

Program ini diharapkan membawa dampak terhadap terbukanya lapangan kerja baru sebagai sarana pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitarnya. Sehingga kesejateraan tidak hanya dinikmati oleh ASN dan pensiunan tetapi juga oleh masyarakat setempat. 

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

"Dan ini merupakan bentuk kontribusi Taspen untuk ikut mendorong ekonomi bangsa dengan menambah jumlah entrepreneur yang sejalan dengan target 14 persen entrepreneurship di Indonesia," ujar Kuspriyani dikutip dari keterangannya, Minggu, 6 Juni 2021.

Dia mejelaskan, Program Wirausaha Pintar ASN termasuk dalam salah satu program kerja unit PKBL Taspen yang menjadi program kerja klaster Asuransi Taspen dan juga Asabri. Diharapkan melalui pelatihan ini maka wawasan para ASN dan calon pensiunan dapat terbuka sehingga mereka dapat mengetahui usaha yang cocok dan sesuai dengan hobi dan keseharian kehidupan mereka.

“Kami berharap pada tahun 2021 ini Program Wirausaha Pintar ASN dapat melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 1.000 orang ASN Taspen untuk pembekalan kegiatan wirausaha. Ini adalah bukti kepedulian Taspen untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi para anggotanya dalam mempersiapkan hari senja,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan, beberapa bidang usaha Wirausaha Pintar Taspen telah berjalan saat ini. Antara lain adalah Rumah Pangan Kita yang bekerjasama dengan Bulog, Kios Warga yang bekerjasama dengan PT JSS, Hidroponik dan juga Ternak Lele. 

Selain melakukan pelatihan melalui Program Wiraswasta Pintar ASN, di hari pelatihan berikutnya Taspen juga melakukan pelatihan kepada sejumlah mitra binaan yang memperoleh bantuan dana kemitraan dari Taspen. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas mitra binaan Taspen sehingga usaha yang dijalankan dapat terus berkembang.

“Kegiatan Pelatihan ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja, Kami juga akan melakukan pendampingan kepada para ASN yang akan berwirausaha dan kepada seluruh mitra binaan milik Taspen. Secara berkelanjutan, Taspen akan bersinergi dengan Bank Mantap dalam hal permodalan usaha ASN ini,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya