Sandiaga Uno Dorong Industri Kopi Jadi Penggerak Ekonomi

Pameran kopi di Summarecon Mal Serpong
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA – Industri kopi yang tengah berkembang pesat saat ini, membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno bertekad mengembangkan industri tersebut hingga bisa menjadi penggerak perekonomian di Indonesia.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Nantinya, Sandi ingin industri kopi menjadi tulang punggung yang kuat, menciptakan lapangan kerja, hingga menjadi national branding untuk Indonesia.

"Industri kopi saat ini sangat berkembang, akan adanya hal itu kami akan terus mendorong dan agar bisa menjadi penguat ekonomi, terutama di bidang ekspor, lalu (kopi) kami akan jadikan juga sebagai national branding-nya Indonesia," katanya saat menghadiri pembukaan Pameran Kopi Craft Indonesia (KCI) secara virtual di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Senin, 7 Juni 2021.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Baca juga: Tak Berangkatkan Jemaah Haji, Ini Sindiran Pedas UAS

Ia juga menargetkan, bila Indonesia dapat mencapai Indonesia Emas dan Maju di tahun 2045 dengan adanya penguatan di industri kopi.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

"Kopi hasil dari Indonesia ini sangat-sangat digemari oleh masyarakat di belahan dunia dengan sebutan Java, tapi memang kita masih tertinggal dari Brazil dan Vietnam. Makanya, kita akan terus push ini supaya target kita untuk Indonesia Emas terwujud di tahun 2045," ujarnya.

Sementara, Center Director Summarecon Mall Serpong Tommy L mengatakan, pihaknya turut berbangga dapat dipilih pihak kementerian sebagai lokasi pameran KCI. Di mana, keikutsertaan itu turut membantu menggenjot industri kopi. Pameran ini juga bertujuan memberikan gambaran kepada para pengunjung dan juga penikmat kopi, bila dari secangkir kopi ada proses yang teramat berharga untuk dilalui.

“Bagi para petani, kopi menjadi sumber mata pencaharian yang menghidupi banyak keluarga. Kemudian kopi sampai pada tangan penjual, hingga kini kopi menjadi budaya dan gaya hidup yang digemari masyarakat. Kami mencoba untuk mengapresiasi hal tersebut, dengan memberikan wadah kepada para pecinta dan pelaku bisnis kopi untuk saling berbagi kenikmatan dalam secangkir kopi," ungkapnya. 

Selain ada pameran yang dibuka hingga 13 Juni 2021 itu, Kopi Craft Indonesia juga diisi dengan nonton bareng film dokumenter Legacy of Java. Film karya Budi Kurniawan ini menceritakan kehidupan petani kopi di tanah Jawa, seperti di Gunung Puntang, Banjaran hingga petani kopi di Wonosobo Jawa Tengah.

Lengkap dengan bagaimana memanen kopi, serta kopi menjadi penggiat ekonomi rakyat yang ternyata banyak juga digerakkan oleh petani milenial. Hingga akhirnya bisa sampai ke hilir, sampai ke penikmatnya. (dum)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya