Sudah 84 Persen, Jokowi: LRT Jabodebek Beroperasi Juni 2022

Proyek LRT City (salah satu proyek Adhi Commuter Properti).
Sumber :
  • Dokumentasi LRT City.

VIVA – Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan yang menghubungkan Jakarta - Bogor - Depok dan Bekasi, diproyeksikan bisa beroperasi pada 2022. Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo, saat meninjau proyek tersebut. 

98.432 Pemudik Kembali ke Jakarta Lewat Stasiun Pasar Senen

Kepala Negara juga menjajal kereta melewati stasiun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menuju Stasiun Harjamukti Cibubur, kemudian dengan rute yang sama kembali ke Stasiun TMII.

"Dan diharapkan pada April 2022 diuji coba dan akan operasional pada Juni 2022," kata Jokowi di lokasi, Rabu 9 Juni 2021.

188.481 Orang Naik LRT Selama Libur Lebaran di Sumsel, Naik Drastis

Baca juga: Sandiaga Targetkan Vaksinasi Pelaku Ekonomi Kreatif Capai 25 Juta Jiwa

Jokowi bilang saat ini pengerjaan proyek sudah berjalan 84,7 persen. Mantan Gubernur DKI itu juga berharap, keberadaan LRT ini untuk mengintegrasikan dengan transportasi publik yang lain. Seperti MRT, kereta bandara dan kereta komuter.

Dibintangi Aghniny Haque dan Bio One, Film Kereta Sajikan Cerita Menyentuh dan Gak Bosenin

"Kita harapkan setelah ini selesai kita akan masuk ke titik-titik yang lain,” sambung Kepala Negara.

Di kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menuturkan sebetulnya proyek LRT ini pengerjaan sudah selesai secara sarana dan prasarana. Hanya saja, pemerintah dan kontraktor ingin melakukan banyak persiapan agar uji dinamis berjalan sesuai ketentuan. Hal ini mencakup terkait keselamatan dan waktu tempuh.

"Kita secara konservatif ingin mempersiapkan diri dengan uji dinamis. Kita ingin keselamatan menjadi satu hal yang penting untuk angkutan massal," katanya. (dum)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya