Jokowi Ungkap Alasan Pekerja Pelabuhan Jadi Prioritas Vaksinasi

Jokowi tinjau vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Priok.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Presiden Joko Widodo meninjau langsung kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi pekerja pelabuhan. Presiden bersama rombongan, melihat situasi pelaksanaan vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Untuk vaksinasi yang dilakukan hari ini sebanyak 1.500 pekerja hadir untuk menerima suntikan pertama Vaksin COVID-19.

"Pagi hari ini, kita vaksinasi kurang lebih 1.500 orang, baik itu pekerja pelabuhan, pekerja bongkar dan muat, kemudian para sopir dan kenek, juga pelayan-pelayan publik lainnya yang berada di Pelabuhan Tanjung Priok,” kata Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis, 10 Juni 2021.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

Jokowi menegaskan, pentingnya vaksin COVID-19 bagi pekerja pelabuhan. Apalagi keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok, merupakan salah satu titik tersibuk bagaimana  kegiatan ekonomi dari berbagai sektor tidak pernah mati.

Baca juga: Sembako Bakal Dikenakan PPN, Pedagang Pasar Protes Jokowi

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Mulai dari kapal penumpang, kargo atau logistik. Dan, tidak hanya melayani rute domestik tapi juga internasional. Khususnya untuk kegiatan ekspor impor.

"Kia tahu di sini (Tanjung Priok) mobilitas orang, mobilitas barang sangat tinggi dan kemungkinan untuk tertular COVID-19 juga sangat tinggi. Baik, karena interaksi dengan penumpang kapal, berinteraksi juga dengan ABK (Anak Buah Kapal) yang ada di kapal," kata Jokowi.

"Ini yang akan kita harapkan dengan vaksinasi pada pagi hari ini bisa terlindungi dari penularan COVID-19," sambung Jokowi.

Sebelum dari Tanjung Priok, Presiden Joko Widodo pun secara langsung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada Kamis pagi. Vaksinasi diberikan kepada 1.000 orang, yang terdiri dari sopir, kernet hingga pedagang sekitar terminal.

Dalam pantauan, Presiden Jokowi ditemani Gubernur DKI Anies Baswedan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Kenapa kita berikan vaksinasi di sini? Karena para pelaku di sini adalah yang interaksinya sangat tinggi dengan masyarakat,” kata Presiden Jokowi di lokasi, usai meninjau pelaksanaan vaksinasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya