ESDM Kejar Target 17 Persen Efisiensi Energi pada 2025, Ini Caranya

Gedung Kementerian ESDM
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa selain mendorong upaya pengembangan energi baru terbarukan atau EBT, pemerintah juga tengah kampanyekan berbagai upaya untuk menerapkan efisiensi energi.

PLN Dapat Komitmen Hibah dari AS untuk Studi Pengembangan Mini-Grid EBT Daerah 3T di Indonesia Timur

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana menjelaskan, pemerintah melihat kedua hal tersebut sama-sama penting untuk memperbaharui pemanfaatan energi di Tanah Air secara menyeluruh.

"Di dalam kebijakan energi nasional, selain memang pemerintah menargetkan 23 persen untuk bauran EBT di 2025, kita juga menargetkan 17 persen penurunan konsumsi energi atau pelaksanaan efisiensi energi pada 2025 itu. Jadi ini perencanaannya sama, paralel," kata Dadan dalam telekonferensi, Senin 14 Juni 2021.

Jalan Berliku Penerapan Energi Baru Terbarukan

Tentang wacana dekarbonisasi, Dadan menjelaskan bahwa selain upaya pemerintah dalam menyediakan energi khususnya energi bersih, langkah sejalan juga tengah digenjot dalam upaya mengurangi Gas Rumah Kaca (GRK).

Dalam hal ini, Dadan mengakui bahwa sektor ESDM diminta untuk berkontribusi sebesar 38 persen pada 2030, untuk target pengurangan GRK tersebut. Di mana, separuh dari target itu akan datang dari sektor energi terbarukan, sementara sisanya sebagian besar dikontribusikan dari efisiensi energi.

Cek Fakta: Cak Imin Sebut Target Energi Baru Terbarukan 2025 Meleset dari 23 Persen Jadi 17 Persen

"Sehingga (pengembangan EBT dan efisiensi energi) sama pentingnya terkait dengan pencapaian target GRK di tahun 2030 nanti," kata Dadan.

Selain itu, Dadan juga menjelaskan soal data capaian terkait penurunan emisi Gas Rumah Kaca pada 2020 lalu, yang mencapai sebesar 64,4 juta ton.

"Ini sesuai dengan target kita, di mana target itu disusun bersama-sama dengan Kementerian lain, khususnya dengan KLHK," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya