Tutup Gerai Giant dan PHK Ribuan Karyawan, Ini Rencana Baru Hero

Diskon Giant jelang penutupan seluruh gerai di akhir Juli 2021.
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – PT Hero Supermarket Tbk (HERO) memberi penjelasan terkait penutupan seluruh gerai Giant pada akhir Juli nanti. Selain itu, berdasarkan informasi serikat pekerja, akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada ribuan karyawan.

Tips Mendapatkan Harga Diamond yang Affordable, Nggak Perlu Habiskan Jutaan Rupiah!

Dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia, Manajemen Hero menyebut akan menindaklanjuti tinjauan strategis atas seluruh lini bisnisnya. Ke depan, Hero akan memfokuskan investasi untuk mengembangkan IKEA, Guardian dan Hero Supermarket yang memiliki pertumbuhan lebih baik dibandingkan Giant. 

"Perseroan akan fokus pada investasi dalam pertumbuhan toko di bisnis IKEA dan Guardian serta terus berinvestasi pada bisnis e-Commerce dan memiliki ambisi untuk kedua merek tersebut untuk menjadi pemimpin industri dalam kategorinya masing-masing," tulis manajemen Hero sebagaimana dikutip VIVA Selasa 15 Juni 2021.

Tiru 3 Hero Marvel, Ini Selebrasi Baru Lionel Messi di Inter Miami

Baca juga: 7.000 Pegawai Giant di-PHK, Serikat Pekerja: Mana Stimulus Pemerintah? 

Dijelaskan pula, pasca restrukturisasi Giant, Hero Supermarket akan menjadi satu-satunya bisnis ritel makanan perseroan. Hero kini secara aktif sedang mengevaluasi kelayakan untuk mengubah beberapa gerai Giant menjadi Hero Supermarket dan akan terus meningkatkan kinerjanya. 

Tri Mencari Talenta eSports, Blusukan sampai Pelosok

"Dengan fokus dan sumber daya yang diporoskan ke bisnis IKEA, Guardian dan Hero Supermarket di masa depan. Perseroan tetap berkomitmen untuk masa depan ritelnya di Indonesia dan yakin posisinya sebagai pengecer kompetitif yang kuat dalam jangka panjang," kata dia.

Photo :
  • VIVA/Fikri Halim

Lebih lanjut terkait rencana PHK, manajemen Hero menyatakan telah mengkomunikasikan hal ini secara jelas kepada tiap karyawan dan memastikan masa transisi lancar. Ditegaskan pula bahwa semua diperlakukan adil dan hormat. Bagi karyawan yang terkena PHK bisa melamar di bisnis yang lain.

"Karyawan yang terdampak dapat melamar pekerjaan di lini bisnis kami yang lain. Kami juga berharap dapat menyediakan peluang baru seiring dengan pengembangan bisnis kami lainnya yang memiliki potensi pertumbuhan positif yaitu Guardian, IKEA dan Hero Supermarket ," tulis manajemen.

Karyawan yang sebelumnya bekerja di Giant dan telah di-PHK juga diharapkan bisa berkesempatan bekerja di gerai perusahaan ritel lain. "Kami berharap ada kesempatan kerja bagi sejumlah karyawan kami yang bekerja di gerai yang mungkin diambil alih oleh perusahaan ritel lainnya," tulisnya.

Setidaknya, Hero baru berencana mengubah hingga 5 gerai Giant menjadi IKEA dan berjanji akan secara aktif mengevaluasi beberapa gerai Giant untuk menjadi Hero Supermarket. 

"Saat ini perseroan sedang bernegosiasi dengan pihak ketiga mengenai potensi pengalihan kepemilikan sejumlah gerai Giant," tutur manajemen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya