Pemerintah Dorong KIM Promosi Digital Produk UMKM dan Pariwisata

Ilustrasi kegiatan UMKM di Jateng.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Kementerian Telekomunikasi dan Informatika menegaskan bahwa Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan salah satu mitra strategis Pemerintah saat ini. Tidak hanya dalam penyebarluasan informasi publik, KIM diharapkan dapat bantu menggenjot promosi industri pariwisata dan UMKM.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Untuk mewujudkan hal tersebut, Plt Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Bambang Gunawan mengungkapkan, KIM didorong untuk meninggalkan cara-cara konvensional dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Platform digital harus bisa lebih dimanfaatkan untuk menjalankan perannya.

"Berapa banyak KIM yang telah memanfaatkan teknologi informasi dengan baik? Sebagai contoh, apakah rekan-rekan KIM sudah mulai mempromosikan potensi pariwisata dan menjual produk-produk UMKM melalui media digital?," ujar Bambang ketika memberikan arahan kepada KIM di Lombok, dikutip, Sabtu, 19 Juni 2021.

Jokowi Ungkap Skandal Pencucian Uang Lewat Kripto hingga Rp 139T

Baca juga: Konsumen Jadi Lebih Royal, UMKM Lebih Untung Sediakan Pembayaran QRIS

Bambang menjabarkan, saat ini ada sekitar 2.300 KIM yang telah terbentuk di seluruh Indonesia. Namun, ke depannya dinilai masih perlu dipetakan lebih lanjut terkait leveling dalam hal pemanfaatan teknologi informasi di dalam menjalankan aktivitas komunikasi publik yang mereka lakukan.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Sehingga, KIM diharapakan dalam menjalankan perannya dapat maksimal khususnya terkait promosi wisata dan UMKM tersebut. Agar pada akhirnya dapat membantu pemulihan ekonomi nasional.

"Apalagi di tengah pandemi, menurut data survei terkini terdapat kenaikan aktivitas berbasis internet hingga 25 persen. Ini sebetulnya dapat menjadi peluang bagi rekan-rekan KIM untuk bertransformasi menjadi KIM Digital," ungkapnya.

Kemenkominfo mengadakan kegiatan talkshow chip in

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan talkshow chip in “Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital” pada tanggal 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024