Kembangkan Bisnis Petani, Pria Ini Ubah Kopi Jadi Karya Seni

Arya Setra, Pelukis Kopi asal Bandung.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Tak seperti biasanya, kopi yang diganderungi masyarakat Indonesia kini tak lagi hanya jadi bahan untuk dikonsumsi. Sebab, di tangan pekerja seni ini kopi justru dinikmati tidak dengan minuman melainkan karya seni luar biasa.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Karya seni tersebut disulap oleh Anang Solih atau Arya Setra, Pelukis Kopi asal Bandung, biasa dikenal lukisan kopi Arya Setra. Arya sendiri berkarya sejak 2013 sampai sekarang, dan sudah ratusan lukisan kopi terjual. Sedangkan, pembeli lukisan kopi pertamanya adalah orang Jerman. 

Arya menjelaskan bahwa ia terinspirasi dan menggeluti lukis kopi sejak 2010, berawal dari unsur ketidaksengajaan, yang kemudian dikembangkan sejak 2013 hingga saat ini. 

Wamenkeu: Konflik Israel Vs Iran Kita Perhatikan Sangat Serius 

"Awalnya dari tidak sengaja karena kopi tumpah di kanvas, yang akhirnya saya goreskan jadi lukisan. Mulai 2013 saya mengembangkan lukis pakai kopi, khususnya dari ampas/bubuk dan kopi espresso,” jelas Arya dikutip Senin 21 Juni 2021.

Ia menambahkan, untuk lukisan kopi tersebut tergantung besar kecilnya media kanvas yang digunakan, kalau untuk lukis satu wajah biasa pakai kopi espresso 5-10 shot.

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Sementara itu, terkait alasan Arya menggunakan kopi sebagai bahan lukisan, ia menyebut karena Indonesia penghasil kopi ke-4 di dunia, sehingga bahan baku sangat mudah untuk didapatkan dari Kopi Gayo sampai Wamena. 

"Biasanya, yang sering saya gunakan untuk melukis kopi dari Gayo, Toraja, Bengkulu dan Jawa Barat," jelasnya.

Sebelumnya, Arya telah bergabung di komunitas perkumpulan petani dan penggiat kopi Indonesia yaitu Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI) sejak 2020. Untuk bahan baku lukisan kopi biasanya ia peroleh dari salah satu anggota ASKI di daerah Jakarta Utara (Ancol). 

Sementara itu, selain melukis kopi dari sebuah hobinya, Arya juga menjual kopi dalam bentuk kemasan Drip Bag untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. 

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan terus mendorong dan membangun sektor pertanian termasuk subsektor perkebunan agar lebih maju, mandiri, dan modern. 

Mentan bersama stakeholders lainnya juga berkolaborasi agar masyarakat luas semakin cinta dan bangga terhadap komoditas maupun hasil olahan produk pertanian Indonesia khususnya komoditas perkebunan kopi.

Diharapkan sinergi dan kolaborasi yang dilakukan oleh semua pihak dapat membantu petani untuk memasarkan hasil panen atau hasil olahan produk dan mampu membuka peluang yang lebih luas dalam menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha lainnya, salah satunya kreativitas di dunia seni melalui media kopi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya