Tips Kelola Keuangan untuk Milenial Agar Bisa Terus Nikmati Hidup

5 Cara Hidup Hemat Generasi Milenial Agar Bisa Menabung
5 Cara Hidup Hemat Generasi Milenial Agar Bisa Menabung
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tuntutan gaya hidup dan perilaku yang konsumtif menjadi salah satu faktor utama para generasi milenial ini cenderung lebih suka berfoya-foya menikmati hidup, dibanding menginvestasikan kekayaannya.

Hal ini disayangkan karena milenial sejatinya memiliki peran besar dalam perekonomian di masa depan. Bahkan, diprediksi dalam 5 tahun ke depan milenial akan mengisi 75 persen dari tenaga kerja secara global.

Dengan pengelolaan keuangan seperti itu, milenial dihantui risiko finansial lebih besar di masa mendatang. Untuk menghindari risiko itu, Technical Director BRI Insurance (BRINS), Ade Zulfikar memberikan beberapa tips bagaimana milenial agar dapat mengelola keuangannya dengan lebih baik.

1. Tentukan prioritas kebutuhan kamu

Istilah You Only Live Once (Yolo) dan Fear of Missing Out (FOMO) seringkali dijadikan justifikasi milenial dalam perilaku konsumtif. Tapi, diingatkan, jangan hanya secara buta mengikuti tren tanpa memahami skala prioritas kebutuhan.

Hindari hal-hal yang bersifat konsumtif yang bukan kebutuhan utamamu. Seperti terlalu sering belanja online dan hangout. Tentukan prioritas kebutuhan kamu dengan mengidentifikasi kegiatan sehari-hari kamu terlebih dahulu, hindari membeli barang dengan dasar keinginan bukan kebutuhan!

2. Pahami kondisi keuanganmu

Halaman Selanjutnya
img_title