PPKM Mikro Buat IHSG Tertekan, Intip Rekomendasi Saham Hari Ini

Papan pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 14 poin atau 0,24 persen di level 6.026 pada pembukaan perdagangan Jumat 25 Juni 2021.

IHSG Menguat Ditopang Capaian Penerimaan Pajak, tapi Dihantui Pelemahan Rupiah

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk kembali tertekan menguji level psikologis pada perdagangan di akhir pekan ini.

"Setelah sebelumnya saham-saham di sektor infrastruktur dan transportasi turun signifikan," kata Lanjar dalam riset hariannya, Jumat 25 Juni 2021.

IHSG Berpotensi Menguat dan Kembali Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Lanjar menjelaskan, hal itu disebabkan karena refleksi dari rencana pemerintah DKI Jakarta untuk melakukan PPKM Mikro hingga 5 Juli 2021. Investor seakan berhati-hati akan dampak dari PPKM Mikro, akibat dari peningkatan kasus COVID-19 yang mencatatkan rekor baru.

Secara global, investor menanti beberapa data penting yang akan rilis. Di antaranya laporan pesanan barang tahan lama Amerika Serikat, klaim pengangguran awal dan persediaan grosir, serta keputusan suku bunga Bank of England.

IHSG Dibayangi Pelemahan Meski Kinerja APBN Surplus

Secara teknikal, IHSG bergerak break out MA5 dan MA20, sehingga pergerakan selanjutnya akan menguji support MA50 di kisaran 5.980. 

Indikator Stochastic dan RSI memberikan sinyal pergerakan momentum yang masih cukup kuat, setelah sempat terkonsolidasi pada area middle oscillator. Namun, Indikator MACD bergerak bearish.

"Sehingga pada pergerakan selanjutnya IHSG berpotensi kembali tertekan menguji psikologis level 6.000 hingga pengujian MA50 sebagai konfirmasi arah pergerakan selanjutnya dengan support resistance 5.966-6.027," ujarnya.

Selain itu, Lanjar juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni ADRO, AGII, ANTM, ASII, BBNI, BBRI, BBTN, HMSP, HRUM, INKP, ITMG. PWON, SIMP, LSIP, UNTR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya