Erick Thohir Pastikan Obat Terapi COVID-19 Bakal Dijual Murah

Menteri BUMN Erick Thohir saat menyambut kedatangan vaksin COVID-19 di Terminal Kargo, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin, 31 Mei 2021.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memastikan, seluruh rakyat Indonesia akan mendapat obat terapi murah untuk pencegahan dan penyembuhan COVID-19.

5 Tips Aman dan Nyaman Mudik untuk Ibu Hamil, Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter Kandungan

Erick mengatakan, percepatan uji klinis yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap Ivermectin sebagai obat terapi pencegahan dan penyembuhan pasien COVID-19, akan menjadi game changer terbaru agar Indonesia bisa mengendalikan pandemi ini.

Hal itu ditekankan Menteri BUMN, Erick Thohir menanggapi langkah BPOM yang tengah melakukan uji klinis Ivermectin sebagai obat terapi pasien COVID-19.

KLB PSSI Sumut Digelar Usai PON 2024

"Persiapan pun sudah dilakukan PT Indofarma untuk memproduksi obat Ivermectin secara massal, sehingga ketika uji klinis selesai dilakukan dan izin edar sudah dikeluarkan BPOM, maka obat tersebut siap diproduksi besar-besaran dalam waktu singkat," kata Erick, Senin 28 Juni 2021.

Baca juga: Presiden Jokowi Belum Tunjuk Jubir Baru, Ngabalin: Bisa Jadi Tak Ada

Raphael Maitimo Nilai PSSI Di Bawah Erick Thohir Jauh Lebih Terorganisir

Erick menambahkan, secara infrastruktur pihaknya sudah siap untuk memproduksi Ivermectin secara massal. Obat ini diyakininya akan menjadi obat terapi yang murah bagi rakyat, terlebih Indofarma sudah menyiapkan produksi sebesar 4,5 juta tablet per bulan.

"Jika uji klinis BPOM selesai dan sudah keluar izin edarnya, sebagai tanda bahwa obat Ivermectin ternyata baik untuk kita semua, maka produksi ini akan kita genjot demi mengurangi dengan cepat kasus positif COVID-19," ujarnya.

Penyediaan obat terapi COVID-19 yang murah memang menjadi perhatian utama Menteri Erick Thohir. Supaya masyarakat yang lebih memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan pokok di tengah pandemi ini tidak lagi terbebani dengan harga obat yang mahal.

Menurut rencana, harga obat terapi Ivermectin akan dibanderol dengan harga antara Rp5.000 hingga Rp7.000 setiap tabletnya. Dengan harga obat yang murah dan terjangkau, Erick yakin rakyat akan bisa mendapatkannya dengan mudah dan tidak akan menjadi beban.

"Terlebih untuk pencegahan terhadap COVID-19, tidak perlu selalu dikonsumsi dan hanya 2-3 tablet. Begitu pula untuk penyembuhan. Semoga ikhtiar kita untuk membuat rakyat kita sehat dan Indonesia terbebas dari pandemi ini segera terwujud," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya