Genjot Kinerja Bisnis Agen46 BNI Gandeng GP Ansor dan PT Pos

Gedung BNI.
Sumber :

VIVA – PT Bank Negara Indonesia Tbk menggandeng Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan PT Pos Indonesia (Persero) untuk memperkuat BNI Agen46 memiliki kemampuan point of distribution. Anggota GP Ansor nantinya akan diberdayakan menjadi Agen46.

Terpopuler: Ustaz Syafiq Basalamah Lancar Isi Kajian di Surabaya, Lonjakan Suara PSI Tak Masuk Akal

Kerja sama ketiga institusi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Ketua Umum GP Ansor sekaligus Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, dan Direktur Utama BNI Royke Tumilaar di Jakarta, hari ini.

"Kerja sama ketiga pihak ini akan memberikan manfaat yang maksimal dalam pemberdayaan UMKM. Sebab, BNI sendiri memiliki serangkaian program yang khusus disiapkan untuk program pengembangan UMKM," kata Royke dikutip dari keterangannya, Rabu, 30 Juni 2021.

Terpopuler: Pengajian Syafiq Basalamah Dibubarkan Ansor, Bos Yakuza Jual Bahan Senjata Nuklir

Royke menyampaikan, BNI Agen46 memberikan berbagai layanan perbankan kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan akses ke outlet bank. Karena, memiliki fitur-fitur yang sama seperti kantor cabang bank, mulai dari pembukaan rekening tabungan, setor dan tarik tunai, transfer antarbank, top-up uang elektronik, hingga pembayaran dan pembelian pulsa, listrik, serta pembayaran e-Commerce.

Anggota GP Ansor yang menjadi BNI Agen46 nantinya akan mendapatkan banyak keunggulan dibandingkan dengan konsep branchless banking sejenis. Seperti pencairan kiriman dari luar negeri, pengajuan asuransi mikro melalui agen, pembayaran biaya pendidikan sekolah dan kampus, pembayaran pajak MPN serta fitur-fitur unggulan lainnya.

Top Trending: Wanita Ini Kesal ke Mayor Teddy hingga Hercules Jawab Tantangan Duel Jawara Garut

"Keuntungan yang diperoleh pengelola BNI Agen46 sangat kompetitif, yaitu 50 persen dari net fee diberikan kepada BNI Agen46. Dalam sebulan, pengelola Agen46 berpeluang mendapatkan pendapatan hingga Rp5 juta atau bahkan lebih melalui layanan transaksi berbayar," ujar Royke.

Baca juga: Sektor Industri Diminta Manfaatkan Pengembangan Infrastruktur Digital

BNI Agen46, lanjutnya, juga berperan menyalurkan berbagai program Pemerintah dengan lebih efektif, seperti bantuan sembako dan program keluarga harapan. Tak hanya itu, melalui kerja sama dengan fintech, BNI Agen46 juga dapat melayani pengisian stok dagang secara digital.

Selain juga tidak menutup kemungkinan, dengan berkolaborasi dengan Pos Indonesia, BNI Agen46 dapat dioptimalkan menjadi point of distribution untuk pick-up dan delivery paket logistik.

"BNI juga akan mendukung perkuatan permodalan UMKM melalui penyaluran KUR. Khusus kepada UMKM binaan GP Ansor ini, kami telah menyiapkan KUR dengan skim khusus yang diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi UMKM binaan dalam mendapatkan fasilitas KUR," ungkap Royke.

Sementara itu, Yaqut Cholil Qoumas berharap kerja sama tersebut dapat menjadi salah satu cara meningkatkan kewirausahaan pemuda dengan modal yang terjangkau.

"Selain itu, juga terbuka peluang perluasan akses pemasaran atas produk-produk anggota GP Ansor dan perluasan jaringan pembayaran wakaf dan travel haji dan umrah," ungkapnya.

Sedangkan, Dirut Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menekankan, kerja sama ini menjadi upaya nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kewirausahaan agen pos serta memperluas jaringan layanan sehingga lebih memudahkan masyarakat untuk menggunakan layanan pos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya