Ada PPKM Darurat, Menko Luhut Pastikan Bansos Kembali Disalurkan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Kemenko Marves

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Pemerintah akan kembali memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang membutuhkan. Khususnya pasa saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat mulai 3 Juli mendatang.

Eid al-Fitr as Unity and Tolerance Moment, Minister Pandjaitan Says

Luhut yang juga Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali memastikan hal tersebut setelah melakukan koordinasi dengan kementerian terkait. Antara lain Kementerian Keuangan dan Kementerian Sosial.

"Tadi kami sepakat bansos akan digulirkan lagi. Tadi Bu Risma (Menteri Sosial), Bu Menteri Keuangan, Gubernur BI dan beberapa teman lain, kami sudah bertemu dan kami sudah sepakat untuk ini semua kita bantu lagi," katanya dalam konferensi pers virtual tentang PPKM Darurat, Kamis, 1 Juli 2021.

Sopir Alami Microsleep Diduga Penyebab Kecelakaan Maut Bus Rosalia Indah

Luhut berharap penyaluran kembali bansos dapat meringankan beban masyarakat kecil. Terutama di daerah-daerah yang diberlakukan PPKM Darurat di Jawa-Bali.

Baca juga: Pemerintah Diminta Subsidi Harga Listrik PLTSa, Begini Alasannya

Insiden Penembakan di Philadelphia AS, Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Jadi Korban

"Ini penting sekali untuk diketahui. Perintah presiden itu jelas. Loud and clear. Jadi jangan sampai rakyat ini menderita berkelanjutan. Oleh karena itu, tadi kami sudah rapat mengenai bansos," katanya.

Seperti diketahui, PPKM Darurat akan diterapkan di 48 kabupaten/kota yang masuk penilaian level 4, serta di 74 kabupaten/kota di level 3 di wilayah Jawa-Bali.

Kriteria penilaian acuan World Health Organization (WHO) berdasarkan indikator laju penularan dan kapasitas respons. Kebijakan uni diharapkan bisa meredam lonjakan COVID-19 saat ini.(Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya