IHSG Cenderung Menguat, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Ilustrasi IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 20 poin atau 0,33 persen di level 6.060 pada pembukaan perdagangan Senin, 12 Juli 2021.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG bergerak cenderung terkonsolidasi menguat di awal pekan perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya saham TLKM, BBHI, BSIM, TPIA, dan INCO menguat menimbangi pelemahan saham BBRI, BMRI, AGRO, EMTK, dan BBNI yang mengalami pelemahan," kata Lanjar dalam riset hariannya, Senin 12 Juli 2021.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Baca juga: Ada Vaksinasi Berbayar, Stafsus Menteri BUMN: Gratis Tetap Jalan

Lanjar menjelaskan, Investor terlihat berhati-hati di akhir pekan lalu, di tengah ketidakpastian langkah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) dalam prospek suku bunga dan angka kasus COVID-19 varian baru yang terus meluas. 

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Bursa Asia berpotensi mengawali pekan dengan menguat, setelah ekuitas Amerika Serikat mencatatkan rekor baru pada hari Jumat dalam pergerakan rebound-nya. Indeks Futures naik di Jepang, Australia dan Hong Kong.

Ketegangan antara AS dan China terus berkembang, dimana AS menambahkan 34 entitas China ke daftar hitam ekonominya atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia dan pengawasan teknologi tinggi di Xinjiang.

Secara teknikal, meskipun ditutup melemah tipis, candlestick membentuk bullish candle yang bertahan diatas level MA20 dan MA5. Indikator stochastic dan RSI bergerak bearish momentum, dengan Signal Line Indikator MACD yang menjenuh.

IHSG berpotensi kembali menguji MA20 di kisaran level 6.028, dan menguji resistance bearish trendline di kisaran 6.050 sebagai konfirmasi arah pergerakan selanjutnya. 

"Sehingga diperkirakan IHSG masih akan bergerak cenderung terkonsolidasi menguat di awal pekan dengan support resistance 6015-6050," ujarnya

Selain itu, Lanjar juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni AALI, ADHI, ADRO, AGII, ERAA, HMSP, JPFA, LSIP, MAIN, MEDC, PTPP, SMGR, WIKA, WSKT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya