YLKI: Rencana Vaksinasi Berbayar Tak Etis saat Pandemi Mengganas

Vaksin Sinopharm Vaksin Gotong Royong
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) buka suara terkait rencana vaksinasi berbayar yang rencananya akan dijual di apotek-apotek tertentu. Kimia Farma sebelumnya menyatakan bahwa vaksin berbayar itu merupakan program vaksinasi gotong royong untuk individu.

YLKI dan BPKN Desak BPOM Teliti Kandungan Bromat di Air Minum Kemasan

"Vaksin berbayar itu tidak etis, di tengah pandemi yang sedang mengganas. oleh karena itu, vaksin berbayar harus ditolak," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi dikutip dalam keterangan tertulisnya, Senin 12 Juli 2021.

Baca juga: IHSG Cenderung Menguat, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

WHO Peringatkan Ancaman Wabah Penyakit yang Serang Anak-anak di 2024

Menurutnya kebijakan ini hanya akan membuat masyarakat malas untuk melakukan vaksinasi. "Yang digratiskan saja masih banyak yang malas (tidak mau), apalagi vaksin berbayar," katanya.

Tulus mengatakan, rencana ini juga membingungkan masyarakat, kenapa justru ada vaksinasi gratis dan berbayar.
 
"Dari sisi komunikasi publik sangat jelek. Vaksin berbayar juga bisa menimbulkan distrust pada masyarakat, bahwa yang berbayar dianggap kualitasnya lebih baik, dan yang gratis lebih buruk kualitasnya," katanya.

YLKI Tantang Capres Adu Gagasan soal Pengendalian Konsumsi Rokok agar Tak Ada Generasi Cemas

Di banyak negara, lanjut dia, justru masyarakat yang mau divaksinasi COVID-19, diberikan hadiah oleh pemerintahnya. Ini dengan maksud agar makin banyak warga negaranya yang mau divaksin. 

"Bukan malah disuruh membayar. Oleh karena itu, YLKI mendesak agar VGR (vaksinasi gotong royong) berbayar untuk kategori individu dibatalkan. Kembalikan pada kebijakan semula, yang membayar adalah pihak perusahaan, bukan individual," katanya.

Anak kucing

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Vaksinasi merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kucing. Dengan memberikan vaksin, kucing dapat terlindungi dari berbagai penyakit yang berbahaya. 

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024