Harga Emas Hari Ini 14 Juli 2021: Global dan Antam Meredup

Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Harga emas internasional melemah pada perdagangan Rabu 14 Juli 2021. Itu terjadi karena terbebani oleh dolar AS yang kuat setelah rilis data yang menunjukkan harga konsumen AS bulan lalu naik paling tinggi dalam 13 tahun. Sekarang, fokus investor beralih ke pidato yang akan disampaikan Ketua Federal Reserve, Jerome Powell.

Ketua PSI Gubeng Terekam CCTV Cabuli Gadis, Australia Desak Warganya Tinggalkan Israel

Dilansir dari The Economic Times, harga emas di pasar spot datar di level US$1.806,07 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS turun 0,2 persen menjadi US$1.807,20 per ons.

Baca juga: Rupiah Loyo Akibat Kasus Harian COVID-19 Pecah Rekor

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Indeks dolar bertahan stabil setelah melihat persentase kenaikan harian terbaiknya dalam hampir sebulan pada akhir Selasa, 13 Juli 2021. Dolar yang lebih kuat membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Sementara itu, rilis data harga konsumen AS naik di tengah kendala pasokan yang tertekan pandemi. Pemulihan ekonomi mengumpulkan momentum, meningkatkan prospek bahwa kekhawatiran inflasi akan berlama-lama.

Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Harga Emas dan Minyak Mentah Terbang

Setelah data tersebut, fokus pasar bergeser ke The Fed, dengan ketua bank sentral yang akan berbicara di depan Kongres untuk memberi isyarat tentang kenaikan harga dan dukungan moneter.

Powell telah berulang kali menyatakan bahwa inflasi yang lebih tinggi akan bersifat sementara. Ia mengharapkan rantai pasokan menjadi normal dan bisa beradaptasi. 

Emas Domestik

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini dibanderol seharga Rp945 ribu per gram. Harga tersebut turun Rp1 ribu per gram dibandingkan perdagangan kemarin.

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam ditetapkan seharga Rp840 ribu per gram. Harga itu juga turun Rp1 ribu dibanding perdagangan kemarin.

Adapun harga emas berdasarkan ukuran, yakni lima gram dijual Rp4,5 juta, 10 gram Rp8,94 juta, 25 gram Rp22,23 juta, dan 50 gram Rp44,39 juta.

Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp88,71 juta, 250 gram Rp221,51 juta dan emas 500 gram Rp442,82 juta.

Selanjutnya, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp522,5 ribu dan 1.000 gram senilai Rp885,6 juta. 

Antam mencatat semua ukuran emas batangan pada hari ini tersedia di butik logam mulia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya