Mengejutkan, Ada Jalan Tol di Indonesia yang Bisa 'Bernyanyi'

Mobil melintas di ruas jalan Tol Solo-Ngawi kawasan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus mengebut pembangunan jalan tol di Tanah Air. Langkah itu, dilakukan untuk menghubungkan semua kota-kota di Indonesia demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Seperti halnya, Tol Trans Jawa yang kini sudah terhubung dari Merak Banten hingga Grati Pasuruan Jawa Timur sepanjang 933 kilometer. Jalan tol yang panjang tersebut sudah mulai ramai dilalui pengendara sejak dua tahun ini.

Untuk itu, dengan ramainya pengendara yang memanfaatkan jalan tol tersebut pemerintah kemudian melakukan evaluasi terhadap keselamatan dan keamanan jalur tersebut. Khususnya, mengatasi jenuh dan ngantuk ketika berkendara.

Ganjil Genap Tidak Diterapkan bagi Kendaraan ke Merak Saat Mudik, Polri Ganti dengan Sistem Ini

Sebab, seperti diketahui jalan Tol Trans Jawa yang cenderung lurus, sering membuat pengendara kehilangan kendali. Apalagi diketahui sejumlah kecelakaan sering terjadi karena pengendara ngantuk dan jenuh.

Dikutip dari Instagram @bpjt_info, Senin 19 Juli 2021, untuk mengatasi itu Kementerian PUPR, kini membuat singing road (jalan bernyanyi). Jalan itu dibuat di Tol Trans Jawa ruas Tol Ngawi-Kertosono-Kediri pada Km 644+200 B (arah Madiun-Solo).

Sisi Lain Tabrakan Beruntun di Gerbang Tol Halim

Singing road ini diharapkan bisa membuat pengendara segar dan fokus kembali setelah melewati speed trap yang bernada sebuah lagu. Dan untuk kali ini lagu yang dibuat adalah "happy birthday".

BPJT Kementerian PUPR mengklaim pemasangan singing road ini membuat Indonesia tak kalah dari fasilitas jalan tol di luar negeri. Inovasi ini diharapkan bisa meningkatkan keselamatan berkendara di jalan tol Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya