Proyek Hampir Rampung, Uji Coba Kereta Bandara YIA Dimulai

Kereta Api Bandara YIA Terbaru, Photo By : istimewa
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pembangunan jalur kereta bandara Yogyakarta Internasional Airport atau YIA di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta hampir rampung. Kini proyek strategis nasional itu masuk pada tahap uji coba lintasan.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Progres pembangunan jalur kereta bandara dengan panjang 5,4 kilometer dari stasiun Kedundang hingga stasiun Bandara YIA berjalan sesuai rencana. Dan direncanakan akan bisa difungsikan pada Agustus 2021 mendatang.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kelas 1 Balai Perkeretaapian Jateng, Dheky Martin mengatakan pembangunan yang dilakukan sejak Desember 2019 hingga saat ini sudah mencapai 97 persen dan ditargetkan rampung pada akhir Juli.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Menurut dia, proyek pembangunan jalur kerat bandara YIA menelan investasi sebesar Rp1,1 triliun dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Bandara YIA agar memiliki konektivitas dan integrasi antar moda yang baik.

Dan jalur Kereta ini mulai diuji coba dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan jalur rel pada titik kritis atau lengkung yang dilewati secara optimal kereta angkutnya. 

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

"Adapun untuk uji coba jalur akan menggunakan lokomotif dan KRD (Kereta Rel Diesel)," kata Dheky dikutip dari laporan tvOne, pada Rabu 21 Juli 2021.

Adapun KRD sendiri adalah unit kereta api dengan beberapa gerbong dan didukung oleh satu atau lebih mesin diesel on board, dan nantinya menjadi armada khusus pengangkut penumpang dari dan menuju Bandara YIA. 

Dheky menjelaskan untuk uji coba jalur kali ini akan perdana menggunakan lokomotif yang dipacu dengan kecepatan 20-40 km per jam. Sedangkan, untuk kecepatan KRD akan dipacu 40-60 km per jam.

"Keduanya akan melaju secara bergantian disepanjang 5,4 kilo meter yang hubungkan stasiun Kedundang dengan stasiun Bandara YIA," katanya.

Sementara itu, usai uji coba yang ditargetkan hingga akhir Juli 2021, pada awal Agustus jalur tersebut sudah layak digunakan dan pada 17 Agustus 2021 ditargetkan akan diresmikan sebagai persembahan hari kemerdekaan RI.
 
"Harapannya pada Agustus uji coba kedua dilakukan dengan meliputi uji coba trek jalur hulu dan hilir berserta persinyalan telekomunikasi. Untuk pemasangan jalur sendiri sudah 100 persen," ujarnya.

Dan perlu diketahui, dengan selesainya pembangunan jalur kereta Bandara YIA maka nantinya memudahkan calon penumpang. Di mana biasanya dari stasiun Tugu membutuhkan waktu 1 hingga 1,5 jam, kini bisa ditempuh cuma 30 menit.

Laporan kontributor tvOne: Ari Wibowo/Kulonprogo, Yogyakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya