Bos Ruangguru Ungkap Cara Agar Siswa Tak Bingung di Tahun Ajaran Baru

Eks Stafsus Presiden Joko Widodo, Adamas Belva Syah Devara.
Sumber :
  • Instagram: Belva Devara

VIVA – Perusahaan rintisan atau startup Ruangguru meluncurkan layanan fitur baru yaitu Adapto, yang memungkinkan siswa belajar online terpersonalisasi dan interaktif. Layanan ini meningkatkan interaksi belajar layaknya memiliki guru privat sendiri.

Imbas Kematian Siswa Diduga Dianiaya, Kepala Sekolah SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara mengungkapkan, fitur ini diluncurkan guna meningkatkan kinerja perusahaan menyambut tahun ajaran baru. Terintegrasi di dalam video belajar Ruangguru, Adapto jadi video belajar adaptif pertama di Indonesia yang saat ini tersedia bagi siswa SMP dan SMA, dan dapat dinikmati langsung dari aplikasi Ruangguru.

“Setiap siswa memiliki pola, ritme dan peta belajarnya masing-masing. Adapto akan menyesuaikan proses belajar siswa selama belajar online secara otomatis. Penyesuaian dibuat berdasarkan pilihan jawaban kuis yang dipilih oleh siswa saat belajar dan saat guru memeriksa pemahaman siswa," ujar Belva dikutip dari keterangan resminya, Jumat, 23 Juli 2021.

Siswa SMKN 1 Nias Selatan Tewas Diduga Karena Dianiaya Kepala Sekolah, Ini Kata Disdik Sumut

Baca juga: Telkom Gandeng Technoplast Pastikan Distribusi Vaksin COVID-19 Aman

"Proses materi belajar selanjutnya, akan disesuaikan berdasarkan pemahaman yang dimiliki siswa di setiap tahap. Sehingga, setiap siswa dapat memiliki alur dan ritme belajar yang berbeda-beda, tergantung pemahaman dan kebutuhan mereka”, tambahnya.

Tewasnya Siswa SMK di Nias Selatan Diduga Dipukul Kepala Sekolah

Belva mengungkapkan, setiap siswa memiliki kecepatan belajar dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Selama belajar jarak jauh dari rumah, interaksi belajar siswa telah jauh berkurang. Hasilnya, banyak siswa yang merasa kurang paham dan kesulitan dalam mengejar ketertinggalan.

"Dengan fitur belajar Adapto, pemahaman siswa akan lebih terukur. Karena penjelasan akan disesuaikan dengan pemahaman siswa," tambah Belva.

Dia menjabarkan, cara kerja Adapto sederhana dan mungkin tidak disadari oleh siswa. Jalan cerita dari video belajar yang ditonton oleh siswa akan disesuaikan secara otomatis berdasarkan pilihan jawaban yang diambil oleh siswa selama belajar.

Misalnya, di tengah video belajar, guru akan mengecek pemahaman siswa dengan memberikan opsi Paham dan Bingung. Jika siswa memilih opsi Paham, maka guru akan melanjutkan penjelasan ke topik selanjutnya. Namun, apabila siswa memilih Bingung, maka guru akan  akan mengulang kembali penjelasan materi yang belum dipahami.

Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru  Iman Usman menjabarkan, fitur Adapto juga dapat mengukur kemampuan siswa melalui kuis di tengah video belajar. Ketika jawaban siswa salah, secara otomatis guru akan menjelaskan jawaban yang benar dan memperbaiki pemahaman siswa.  Selain itu, siswa juga dapat memilih apakah ingin dijelaskan secara cepat atau mendetail, tergantung kebutuhan dan gaya belajarnya.

"Harapannya, lewat inovasi ini, pembelajaran siswa dapat jauh lebih personal, menyesuaikan dengan gaya dan pemahaman setiap siswa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya