Rumah Oksigen Gotong Royong Komitmen Pengusaha Bantu Tangani COVID-19

Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong.
Sumber :
  • Antara

VIVA – Perusahaan patungan Gojek dan Tokopedia, GoTo, menyediakan  fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong untuk pasien COVID-19. Hal itu dilakukanmenggandeng  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, serta PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group).

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

Chief Executive Officer GoTo Andre Soelistyo mengatakan, fasilitas ini dapat digunakan oleh para keluarga pasien atau tenaga medis untuk mendapatkan akses oksigen yang diperlukan. Baik untuk pasien isolasi mandiri (Isoman) atau yang dirawat di fasilitas kesehatan.

“Kami berharap dengan adanya fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong ini maka pasien COVID-19 bisa mendapatkan akses mudah kepada suplai oksigen, tempat tidur perawatan sekaligus kepada fasilitas ke berbagai rumah sakit terdekat,” ujar Andre dikutip dari keterangannya, Jumat, 23 Juli 2021.

Viral! Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Seperti Istana Pangeran Dubai

Sementara itu, Komisaris GoTo Garibaldi Thohir mengatakan, pendirian fasilitas ini untuk membantu beban Pemerintah dalam mendistribusikan tabung oksigen kepada pasien COVID-19. Karena itulah perusahaan berupaya membantu menyelesaikan permasalahan itu.

Baca juga: Diskon Tarif Listrik PLN, Pemerintah Sudah Salurkan Rp19,91 Triliun

Indonesian Economy Has Strength to Face Middle East Crisis

"Kami selaku pengusaha yang beroperasi di Indonesia, berkomitmen untuk senantiasa hadir dan berperan aktif dalam membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19. Harapan kami, fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong ini dapat meringankan beban Pemerintah dan masyarakat sehingga kita bisa segera melalui masa sulit ini bersama-sama," tegasnya.

Boy, yang juga Wakil Ketua Umum (WKU) Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Sumber Daya Mineral, Batubara dan Kelistrikan menambahkan, saat ini fasilitas tersebut memasuki tahap finalisasi dan siap untuk diluncurkan dalam waktu dekat. Nantinya, masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini melalui telemedicine Halodoc.

Sebagai informasi, Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia. Yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan bagi warga terpapar COVID-19 dengan gejala sedang.

Fasilitas ini didirikan di sebelah kawasan pabrik Samator Group yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Pembangunannya dilakukan di atas lahan yang disediakan oleh PT Master Steel dan didukung oleh PT Tripatra Engineers and Contractors sebagai perusahaan yang menangani pembangunannya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi adanya Rumah Oksigen Gotong Royong ini. Bahkan, dia sempat meninjau Rumah Oksigen pada akhir pekan lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya