Harganya Rp22 Juta, Inilah Ikan Cupang Termahal di Dunia

Ikan cupang.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang paling populer dan banyak digemari. Ikan cupang memiliki bentuk dan warna yang indah sehingga membuatnya banyak digemari sebagai hewan peliharaan oleh para pecinta ikan hias.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Sebelum memelihara ikan cupang, sebaiknya Anda harus mengetahui jenis-jenis ikan cupang dan berapa harganya. Sebab, ada banyak sekali jenis ikan cupang dengan harga yang sangat fantastis.

Walaupun ikan cupang memiliki ukuran yang cukup kecil, ikan tawar satu ini kerap dijual dengan harga yang tinggi karena kecantikan warna yang dimilikinya. Oleh sebab itu, tak heran apabila ada banyak kolektor yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan ikan cantik ini.

Cari Honda Brio Bekas? Ini Daftar Harga dan Pajak Tahunannya

Makin penasaran dengan ikan cupang termahal di dunia? Yuk simak ulasan berikut yang dikutip dari beberapa sumber.

Ikan Cupang Kachen Worachai

Terpopuler: Pertalite Berubah di Papan Harga SPBU, Bocah Tabrakkan Mobil Jualan Sales

Ikan cupang dengan jenis ini memiliki corak berwarna biru, merah, dan putih. Sekilas ikan cupang ini menyerupai bendera nasional Thailand dan berhasil dijual dengan harga Rp22 juta. Berkat dari harganya yang cukup fantastis, ikan ini dinobatkan sebagai sebagai ikan cupang termahal di dunia. Nama ikan cupang ini berasal dari nama pemiliknya, Kachen Worachai.

Ikan Cupang Fancy

Ikan cupang jenis ini juga berasal dari Thailand. Ikan cupang fancy memiliki bentuk sirip yang cukup pendek dengan warna yang sangat beragam sehingga membuatnya semakin cantik dan sering dinobatkan sebagai ikan cupang lukisan. Ikan cupang termahal kedua ini dibanderol dengan harga Rp100 ribu hingga Rp300 ribu, sedangkan untuk ikan cupang fancy juara dapat mencapai harga Rp2 juta.

Ikan Cupang Plakat

Uniknya ikan cupang plakat ini muncul dengan berbagai warna berdasarkan tempat tinggalnya. Selain itu, ikan cupang plakat juga lebih aktif dan lebih mudah untuk dipelihara daripada ikan cupang jenis lainnya. Ikan ini memiliki bentuk sirip yang sangat pendek dan posisinya berdekatan ke badan ikan sehingga membuatnya lebih besar. Di Indonesia sendiri, ikan cupang plakat dijual dengan harga mulai dari Rp60 ribu sampai Rp2 juta.

Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang double tail dijual dengan harga mulai dari Rp50 ribu sampai Rp1.5 juta. Selain itu, ikan cupang ini memiliki keunikan yang terletak di bagian ekor. Ekor ikan cupang double tail benar-benar terbelah menjadi dua atau ekor ganda. Selain itu, ikan ini juga memiliki pangkal sirip pinggung dan anak yang berbentuk rata.

Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang halfmoon memiliki keindahan yang terletak pada ekor dan siripnya sangat lebar menyerupai kipas. Baik jantan maupun betina, ikan cupang jenis ini memiliki ekor yang Panjang dan dapat melebar sampai 180 derajat. Di pasaran, ikan cupang jenis ini dibanderol dengan harga sekitar Rp40 ribu hingga Rp500 bergantung pada keindahan, umur, dan ukurannya.

Ikan Cupang Crowntail

Ikan cupang ini dapat dikatakan sebagai ikan cupang langka. Oleh sebab itu, ikan ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp15 ribu hingga Rp300 ribu per ekor bergantung pada warna dan keunggulan lainnya. Perawatan ikan ini juga cukup sulit karena sangat sensitif dan rapuh. Selain itu, ikan cupang ini juga memiliki bentuk yang cukup Panjang sehingga membutuhkan ruang yang relatif besar untuk pemeliharaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya