Menteri PUPR Cek Kesiapan Tambahan Ruang ICU di RSUP dr Sardjito

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • Dokumentasi BNPB.

VIVA – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengunjungi RSUP Dr Sardjito, Selasa 27 Juli. Dalam kunjungannya ini Basuki mengecek pembangunan tambahan ruang ICU di RSUP Dr Sardjito.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Basuki mengatakan bahwa akan ada tambahan 65 bed ICU di RSUP Dr Sardjito untuk menangani kasus COVID-19. Ditargetkan tambahan 65 bed ICU ini akan selesai dalam 5 hari ke depan.

"Di sini (RSUP Dr Sardjito) akan dibangun minimal 65 bed untuk ICU. Lima hari ini akan selesai (pembangunannya). Sekarang tanggal 27 Juli mudah-mudahan tanggal 2 Agustus sudah segera dapat kita selesaikan," kata dia, Selasa 27 Juli 2021.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca juga: 4 Juta Orang Daftar CPNS 2021, Cek Daftar Lengkap Gaji dan Tukin

Sementara itu Direktur RSUP Dr Sardjito Eniarti mengatakan, saat ini ada 100 bed ICU. Dengan tambahan 65 bed ICU maka total bed ICU untuk di RSUP Dr Sardjito ada 165.

Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Eniarti menjabarkan, nantinya selain dipakai untuk penanganan pasien COVID-19 juga akan ada untuk penanganan hemodialisa atau cuci darah. Nantinya akan ada dua ruangan khusus untuk pasien COVID-19 yang memerlukan layanan cuci darah.

"Kan banyak saudara kita yang terpapar COVID-19 tapi harus cuci darah. Saat sekarang ini memang sulit (pasien positif COVID-19) untuk mendapatkan pelayanan tersebut," tutur Eniarti.

Eniarti menambahkan, berdasarkan pemetaan Dinas Kesehatan untuk wilayah DIY dibutuhkan setidaknya 250 bed ICU. Sementara di RSUP Dr Sardjito akan ada 165 bed ICU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya