Lantik Pejabat Eselon, Menkeu: Ketidakpastian Adalah Musuh Bersama

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantornya.
Sumber :
  • instagram @smindrawati

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merombak susunan pejabat tinggi eselon di Kementerian Keuangan. Selain itu, dia juga mengubah jabatan di bawahnya, termasuk pejabat administrator dan fungsional.

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran

Sri melantik 2 Pejabat Pimpinan Tinggi Madya atau eselon I, 23 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, 102 Pejabat Administrator, dan 10 Pejabat Fungsional.

Secara resmi, Sri mengangkat Awan Nurmawan Nuh sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan. Awan menggantikan posisi Sumiyati yang purnatugas setelah 39 tahun mengabdi.

Di Amerika Serikat, Sri Mulyani Bertemu CEO MCC Bahas Transportasi Publik di RI

“Ibu Sumiati sudah melaksanakan tugas secara Paripurna sesudah 39 tahun 4 bulan," kata Sri saat pelantikan.

Pejabat eselon I lainnya yang dilantik adalah Suminto sebagai Staf Ahli Bidang Jasa Keuangan dan Pasar Modal. Sebelumnya ia Staf Ahli Bidang Makro Ekonomi dan Keuangan Internasional.

Heboh Kasus Korupsi Rp3.000 T dari Rafael Alun yang Mengalir ke 25 Artis, Begini Faktanya

Sri mengingatkan, sebagai para pejabat pengelola keuangan negara yang bekerja di Kemenkeu, di mana pun bertugas adalah sama pentingnya karena keuangan negara instrumen penting dalam menghadapi pandemi COVID-19. 

“Biasakan untuk bekerja secara cepat, cermat dan terus beadaptasi karena kita sedang dihadapkan pada ketidakpastian. Suatu musuh bersama yang tidak terlihat kasat mata, tapi dampaknya sangat terasa,” ujar Sri.

Selain itu, khusus para pejabat yang baru dilantik di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Sri menekankan hari ini adalah perubahan yang sangat masif. Setidaknya ada 133 pejabat yang dilantik.

Dia mengungkapkan kata-kata kecewa saat mengubah secara besar-besaran direktorat ini akibat dari tingkah laku oknum-oknum tertentu. Karena itu, dia minta para pejabat yang baru memperbaiki.

"Kekecewaan itu harus dibayar dengan berbaikan nyata," papar mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini.

Sri juga meminta semua pejabat yang dilantik dapat menjadi teladan, serta menjaga dan saling peduli dengan anggota tim. Dia juga meminta mereka untuk memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Anda juga harus menjadi contoh dalam bekerja dan melayani masyarakat, bahwa meskipun kondisi pandemi sangat menghimpit," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya