Ekonomi RI Kuartal II-2021 Tumbuh 7,07 Persen, Ekonomi Membaik

Kepala BPS Margo Yuwono
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Badan Pusat Statistik mencatat, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 sebesar  7,07 persen secara year on year dibanding periode yang sama 2020. Sementara itu, dibanding kuartal I-2021 naik 3,31 persen.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono mengungkapkan, secara kumulatif pada 2021 ekonomi Indonesia tumbuh  3,10  persen. Sementara itu diukur atas dasar harga berlaku, PDB RI mencapai Rp4175,8 triliun sedangkan, atas harga konstan Rp2772, 8 triliun. 

"Pada kuartal II merupakan pola ekonomi kita tumbuh dibanding kuartal I. Meskipun tumbuh, pertumbuhan itu masih di bawah pertumbuhan kuartal II sebelumnya dalam kondisi normal," ujar Margo dalam konferensi pers secara virtual, Kamis 5 Agustus 2021.

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Dia mengungkapkan, ada beberapa faktor yang mendorong naiknya pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2021. Antara lain, mulai tumbuhnya negara-negara tujuan ekspor RI, lalu aktivitas impor pun meningkat seiring dengan perbaikan perekonomian dalam negeri.

"Ada perbaikan ekonomi di sana tapi belum sebaik dalam kondisi normal," tambahnya.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

Baca juga: Catat! Bantuan Subsidi Upah Khusus Pekerja di Beberapa Sektor Ini

Selain itu konsumsi masyarakat dan investasi menurut Margo, juga mengalami peningkatan. Hal itu tercermin dari naiknya penjualan kendaraan bermotor  pada periode tersebut.

"Pertumbuhannya luar biasa penjualan kendaraan bermotor juga merupakan indikasi konsumsi dan investasi mengalami peningkatan. Karena sebagian barang mobil itu selain konsumsi juga bagian investasi," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya