Siapakah Jerry Ng, Orang Terkaya Baru RI yang Muncul Saat Pandemi

Jerry Ng, Komisaris Bank Jago.
Sumber :
  • Dok. Bank Jago

VIVA – Pandemi COVID-19 telah berlangsung selama 1,5 tahun dan telah membuat semua orang di Indonesia terdampak. Hal itu, bahkan terlihat dari sejumlah harta kekayaan dari orang terkaya di Indonesia yang alami penurunan signifikan.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Namun, seperti dikutip dari Forbes pada Sabtu 7 Agustus 2021, secara real time, justru tidak semua miliarder di Indonesia mengalami kerugian yang signifikan. Sebab, ada beberapa miliarder justru tambah kekayaan.

Salah satunya adalah Jerry Ng yang tercatat masuk dalam 10 besar orang terkaya di Indonesia. Bahkan, Jerry Ng juga tercatat sebagai orang terkaya baru di Indonesia dan langsung masuk pada posisi lima secara real time.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Baca Juga: Ini Orang Terkaya Baru di Indonesia yang Muncul di Tengah Pandemi

Dalam catatan Forbes, Jerry Ng memiliki kekayaan sebesar US$4,5 miliar atau setara Rp64,35 triliun (kurs Rp14.300 per dolar AS). Kekayaan Jerry saat ini jauh lebih tinggi bila melihat catatan pada 6 April 2021, di mana harta kekayaannya hanya mencapai US$2,5 miliar atau setara Rp35,75 triliun. 

Maroko Masuk dalam 5 Besar Negara Terkaya di Afrika

Berdasarkan data yang dihimpun VIVA, Jerry Ng adalah seorang bangkir kawakan yang inovator dan kini telah berumur 56 tahun. Ia dilahirkan di Pontianak, Kalimantan Barat, pada 2 Juli 1965.

Jerry Ng memiliki pengalaman di sektor perbankan Indonesia lebih dari 30 tahun. Dia pernah menjabat sebagai Deputi Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk sejak Mei 2001 hingga Mei 2002.

Jerry Ng juga pernah menjadi Direktur PT Bank Danamon Indonesia Tbk pada 2003 hingga Mei 2005. Lalu, Wakil Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk pada 2005 hingga September 2007, dan Direktur Utama Bank BTPN sejak Juli 2008 hingga Januari 2019.

Usai mengundurkan diri sebagai direktur utama Bank BTPN, Jerry Ng bersama Sugito Walujo memutuskan untuk mengakuisisi 51 persen saham PT Bank Artos Indonesia Tbk dengan nilai akusisi sebesar Rp243 miliar.

Pada 2019, Bank Artos yang diakuisisi Jerry Ng bersama Sugito Walujo melalui Metamorfosis Ekosistem Indonesia dan Wealth Track Technology Limited berganti nama menjadi Bank Jago.
 
Bank Jago kemudian bertransformasi menjadi bank digital dan bekerja sama dengan perusahaan fintech kecil dan menengah. Dari sinilah kekayaan Jerry Ng terus meningkat hingga saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya