Tol Trans Jawa Hampir 1.000 Km, Ternyata Ini Titik 0 Kilometernya

Jalan tol
Sumber :
  • PUPR

VIVA – Sejak tujuh ruas tol Trans Jawa diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 20 Desember 2018, total panjang jalan tol ini telah mencapai 933 kilometer. Tol Trans Jawa ini terhubung dari Merak Banten hingga Grati Jawa Timur.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Tol Trans Jawa sebenarnya hingga saat ini belum selesai keseluruhan, sebab sejak rezim orde baru tol ini ditargetkan membentang dari Merak hingga Banyuwangi dengan total panjang mencapai 1.167 Km.

Dan sejak 2015 Pemerintah Jokowi melalui Kementerian PUPR terus menggenjot pencapaiannya. Dan ditargetkan pada 2023 sisa ruas tol dari Grati Pasuruan tersambung hingga Banyuwangi.

MK Nilai Endorsement Jokowi ke Prabowo-Gibran Tak Langgar Hukum, Tapi jadi Masalah Etika

Baca Juga: Siapakah Jerry Ng, Orang Terkaya Baru RI yang Muncul Saat Pandemi

Namun, di balik telah tersambungnya sejumlah ruas jalan tol Trans Jawa tersebut, tahukah Anda titik 0 kilometer dari seluruh ruas jalur tol tersebut? 

MK: Tak Ada Korelasi Bansos Jokowi dengan Perolehan Suara Paslon

Dikutip dari instagram Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, pada Sabtu 7 Agustus 2021, dijelaskan bahwa titik 0 kilometer jalan tol tersebut justru ada di Ibu Kota Jakarta.

Titik 0 kilometer ini juga merupakan bagian dari titik 0 kilometer Jalan Tol di seluruh Indonesia. Nilai kilometer ini semakin ke timur angka kilometernya juga semakin besar begitupun sebaliknya.

Titik 0 kilometer tersebut terletak di jalan tol dalam kota ruas Cawang-Tomang. Tepatnya yakni berada di arah menuju timur Km 0 ruas Tol Cawang (arah Jakarta-Semanggi-Surabaya-Probolinggo).

Kemudian, letak 0 kilometer tersebut berada pada arah menuju barat Km 0 di ruas Tol Tomang (arah Jakarta-Tangerang-Merak). Dan titik 0 kilometer ini juga merupakan bagian dari titik 0 kilometer jalan tol di Indonesia.

"Jadi ketika pengendara sedang melintas di tol Cawang maka terdapat tulisan 0 kilometer-nya, atau dapat melihatnya saat sedang berkendara dari jalan tol Cikampek menuju tol dalam kota jakarta," jelas BPJT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya