Tunggu Hasil Perpanjangan PPKM Level 4, Rupiah Fluktuatif

Rupiah Menguat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat diprediksi masih akan dibuka fluktuatif, namun berpotensi ditutup menguat tipis pada perdagangan hari ini.

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

Berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau Jisdor, kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat berada di level Rp14.389 per Kamis 12 Agustus 2021. 

Posisi rupiah itu tercatat menguat 8 poin dari kurs sebelumnya, yang berada di level Rp14.397 pada perdagangan Selasa 10 Agustus 2021.

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

Baca Juga: Pesan Jokowi ke Pertamina Usai Alih Kelola Blok Rokan

Sementara itu, perdagangan di pasar spot pada Jumat 13 Agustus 2021 hingga pukul 10.04 WIB, rupiah ditransaksikan di level Rp14.382 per dolar AS, atau stagnan dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya di level yang sama.

Rupiah Amblas ke Rp 16.270 per Dolar AS Pagi Ini

Analis PT Garuda Berjangka, Ibrahim menjelaskan, para pelaku pasar masih terus memantau perkembangan COVID-19 pasca-PPKM level empat diperpanjang.

Bersamaan dengan PPKM level empat yang diperpanjang itu, maka pemerintah juga terus memperbanyak vaksinasi baik di Jawa Bali maupun di Luar Jawa Bali. 

Tujuannya adalah untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, yang digarap juga akan membuat masyarakat Indonesia bisa hidup berdampingan dengan pandemi sehingga kegiatan ekonomi akan berjalan dan pertumbuhan ekonomi juga bisa tercipta. 

"Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat tipis di rentang Rp14.370 - Rp14.430," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya