Erick Ungkap Fokus Baru Garuda Usai Pangkas Komisaris dan Direksi

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan, transformasi dan efisiensi di PT Garuda Indonesia Tbk terus dilakukan dengan tepat dan cepat.

Justin Hubner Gabung, Waktunya Indonesia U-23 Mati-matian Raih Kemenangan

Hal ini diungkapkannya usai Rapat Umum Tahunan (RUPST) Garuda Indonesia yang digelar Jumat, 13 Agustus 2021. Rapat ini memangkas jumlah jajaran dewan komisaris dan direksi perseroan.

“Kementerian BUMN memastikan transformasi dan efisiensi terus terjadi di Garuda Indonesia, dengan mengurangi jumlah komisaris dari 5 menjadi 3 orang, serta jumlah direksi dari 8 orang menjadi 6 orang," tuturnya.

Justin Hubner Dapat Izin ke Indonesia U-23 dari Cerezo Osaka

Baca Juga: Kata Wapres Maruf Amin Soal Manfaat Wakaf Bagi Ekonomi RI

Selain melakukan efisiensi tersebut, Erick menekankan, Kementerian BUMN juga mengangkat dua sosok komisaris Garuda Indonesia yang baru dengan keahlian dan rekam jejak nyata.

Stasiun Whoosh di Karawang Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya

"Dua sosok Komisaris dengan keahlian dan rekam jejak yang tidak diragukan lagi di bidang restrukturisasi dan manajemen risiko perusahaan,” ujar Erick.

Ke depan, Erick mengatakan, tim manajemen Garuda Indonesia akan fokus pada dua hal utama. Pertama, perubahan model bisnis dengan fokus pada layanan penerbangan domestik.

Kedua, negosiasi dengan lessor, baik lessor yang memang memiliki hubungan B2B baik namun kontraknya perlu dinegosiasi ulang, juga lessor yang tersangkut kasus yang saat ini sudah masuk dalam proses hukum.

“Ini momen bagi Garuda Indonesia untuk bersih-bersih dari permasalahan keuangan dan kinerja operasional, serta menata kembali fundamental bisnisnya. Setiap prosesnya akan saya kawal penuh,” tegas dia.

RUPST Garuda Indonesia hari ini memutuskan pengalihtugasan Chairal Tanjung sebagai Komisaris, memberhentikan dengan hormat Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama.

Selanjutnya, memberhentikan dengan hormat Peter F. Gontha, Zannuba Arifah Ch. R, dan Elisa Lumbantoruan dari jabatan Anggota Dewan Komisaris, serta memberhentikan dengan hormat Dony Oskaria, dan M. Rizal Pahlevi dari Anggota Dewan Direksi perusahaan.

Adapun jajaran Komisaris dan Direksi selengkapnya adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris:

  1. Timur Sukirno - Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen
  2. Chairal Tanjung - Komisaris
  3. Abdul Rachman - Komisaris Independen

Dewan Direksi:

  1. Irfan Setiaputra - Direktur Utama
  2. Prasetio - Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko
  3. Tumpal Manumpak Hutapea - Direktur Operasi
  4. Aryaperwira Adileksana - Direktur Human Capital
  5. Rahmat Hanafi – Direktur Teknik
  6. Ade R. Susardi - Direktur Layanan dan Niaga
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya