10 Contoh Iklan Berbagai Tema Lengkap dengan Penjelasannya

Ilustrasi Iklan Layanan Masyarakat
Sumber :
  • pinterest.com

VIVA – Contoh iklan adalah salah satu media promosi yang banyak digunakan oleh setiap orang atau perusahaan untuk mengenalkan produknya ke masyarakat. Iklan ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan karena memiliki berbagai bentuk. Tapi, kamu juga harus memperhatikan kualitas dari sebuah iklan karena akan mempengaruhi sukses atau tidaknya promosi yang dilakukan.

Lindungi Kesehatan Pekerja, Kemnaker Ajak Perusahan Aktif Tanggulangi Tuberkolosis di Tempat Kerja

Umumnya ketika semakin bagus kualitas yang dipakai maka akan semakin mahal pula harga yang ditawarkan oleh iklan tersebut. sebab, membuat iklan yang bagus tentu membutuhkan media serta bahan dasar yang berkualitas. Selain itu, penilaian mengenai bagus atau tidaknya sebuah iklan akan dinilai dari efektif atau tidaknya iklan tersebut.

Lalu bagaimana contoh iklan?

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Contoh Iklan layanan masyarakat

Ilustrasi Iklan Layanan Masyarakat

Photo :
  • pinterest.com
Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

Mayoritas iklan yang dibuat memiliki tujuan komersil. Tapi, untuk iklan layanan masyarakat ini dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat dan sama sekali tidak mengandung unsur komesial. Salah satu contoh iklan layanan masyarakat dapat kamu lihat pada gambar di atas. Gambar di atas tersebut memiliki tujuan untuk mengajak seluruh masyarakat agar selalu menjaga lingkungan dengan cara mengubur, menutup, dan menguras air bak.

Pada saat lingkungan telah terjaga kebersihannya, maka nyamuk penyebab demam berdarah atau aedes aegepty dapat dikurangi. Contoh lain dari iklan layanan masyarakat adalah imbauan untuk selalu menerapkan protokol Kesehatan dan ajakan untuk melakukan vaksinasi covid-19. Selain itu, iklan layanan masyarakat juga tidak melulu berbentuk gambar melainkan dapat juga berbentuk audio atau video.

Contoh Iklan baris

Contoh Iklan Baris

Photo :
  • istockphoto.com

Untuk kamu yang kerap membaca koran pasti sudah tidak asing lagi dengan iklan baris. Iklan ini menjadi salah satu jenis iklan yang unik karena dimuat dalam sebuah kotak dan disusun secara berbaris. Iklan baris juga dapat dikatakan sebagai iklan yang paling hemat tempat dan biaya.

Selain itu, harga dari iklan baris ini biasanya ditentukan oleh banyaknya jumlah kata yang digunakan. Semakin banyak huruf yang kamu gunakan, maka harga iklan yang harus dibayar pun akan semakin mahal. Bahkan untuk menghemat tempat dan biaya, tak jarang bila banyak kata yang disingkat. Oleh sebab itu, jika kamu akan membuat iklan baris, buatlah dengan kata kata yang singkat, padat, dan jelas.

Contoh iklan media cetak

Contoh Iklan Media Cetak

Photo :
  • Gramedia Dgital

Iklan media cetak adalah iklan yang umumnya berbentuk poster yang dimuat dalam majalah, tabloid, atau surat kabar. Untuk caranya adalah kamu membeli halaman dalam surat kabar tersebut dan isi halaman tersebut dengan iklan yang kamu inginkan. Harga dari halaman ini mulai dari puluhan sampai ratusan ribu untuk satu kali tayang terutama pada halaman pertama.

Iklan Hypermart yang tampil dalam salah satu koran daerah tersebut menempati pojok kanan atas dengan menggunakan warna yang mencolok supaya bisa menggaet pembaca koran. Dengan begitu, pembaca koran akan langsung tertuju pada iklan Hypermart dan membacanya.

Contoh iklan media elektronik

Iklan

Photo :
  • U-Report

Sesuai dengan namanya, iklan ini adalah iklan yang menyebarkannya melalui media elektronik seperti televisi, radio, maupun media online yang lain. Iklan yang di pasang melalui televisi atau radio terutama pada prime time atau jam-jam pemirsa sedang istrirahat tarifnya akan mahal.

Selain itu, untuk media online, iklan biasanya akan ditempatkan pada header, footer, di tengah artikel, atau bisa juga di sidebar. Kemudian iklan yang ditampilkan dalam YouTube juga dinamakan sebagai iklan media elektronik.

Contoh iklan penawaran

Iklan Penawaran

Photo :
  • Facebook

Iklan penawaran umumnya digunakan untuk menawarkan sebuah jasa walaupun iklan ini juga sering digunakan untuk barang atau produk. Perusahaan yang paling menggunakan iklan penawaran ini adalah perusahaan service barang elektronik. Iklan ini akan memuat penawaran yang sangat jelas dan lengkap dari jasa yang ditawarkan.

Bukan hanya untuk jasa service barang elektronik, contoh iklan jasa penawaran juga kerap digunakan untuk jasa laundry atau cuci pakaian. Coba kamu perhatikan gambar di atas. Gambar tersebut menjelaskan jasa service mengenai kondisi komputer yang dapat diperbaiki dan juga dapat memperbaiki hampir seluruh merek komputer. Bahkan iklan jasa tersebut juga melengkapi nomor ponsel untuk memudahkan pelanggan dalam menghubunginya.

Contoh iklan kolom

Iklan Kolom

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Iklan ini merupakan salah satu iklan yang paling lengkap dalam memuat sebuah informasi. Iklan ini juga dapat diletakkan dalam satu halaman penuh di koran. Oleh karena itu, setiap informasi yang dimuat dalam iklan kolom lebih jelas dan lengkap jika dibandingkan dengan iklan yang lain. Selain itu, pembuat iklan juga dapat menambahkan gambar atau logo perusahaan supaya lebih menarik dan dikenal.  

Contoh iklan lowongan pekerjaan

Iklan Lowongan Pekerjaan

Photo :
  • pinterest.com

Sesuai dengan namanya, iklan ini difungsikan untuk iklan lowongan kerja sebuah perusahaan. Iklan ini juga akan memudahkan perusahaan dalam menemukan kandidat yang sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan. Selain itu, iklan lowongan pekerjaan juga akan membantu setiap kandidat untuk cepat mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya.

Umumnya dalam iklan ini akan memuat informasi lengkap mengenai kriteria seorang kandidat yang dibutuhkan. Kemudian sering juga dilengkapi dengan alamat dan waktu maksimal pengiriman surat lamaran pekerjaan. Selain itu, untuk lowongan pekerjaan yang ditujukan lebih dari posisi maka akan dijelaskan secara lengkap mengenai posisi yang harus dipenuhi. Sehingga setiap kandidat dapat menyesuaikan dengan kemampuannya.

Contoh iklan pemberitahuan

Iklan Pemberitahuan

Photo :
  • Facebook

Iklan ini umumnya dibuat oleh kelompok tertentu, misalnya oleh keluarga besar, pebisnis, maupun debitur atau kreditur sebuah perusahaan. Contoh iklan pemberitahuan ini dapat kamu lihat pada contoh di atas. Iklan tersebut menjelaskan mengenai larangan untuk bertransaksi tanah di Kawasan Punclut, Bandung.

Contoh iklan komersial

Iklan Komersial

Photo :
  • pinterest.com

Contoh iklan komersial dipakai untuk mendukung sebuah kampanye pemasaran barang atau jasa dari sebuah perusahaan. Iklan ini memiliki dua jenis, yaitu iklan strategis dengan tujuan untuk membangun brand atau merek dan iklan taktis yang memiliki tujuan mendesak. Iklan ini paling sering digunakan oleh agensi digital.

Contoh iklan ponsel

Iklan Ponsel

Photo :
  • pinterest.com

Sesuai dengan namanya, iklan ini digunakan untuk mempromosikan sebuah brand ponsel. Iklan ini akan menampilakan spesifikasi dan keunggulan dari ponsel yang ditawarkan. Iklan ini juga biasanya menampilkan harga promo supaya dapat menggaet pelanggan untuk membelinya. Seperti contoh di atas yang mempromosikan ponsel Samsung Galaxy Fold dengan segudang keunggulannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya