Hutama Karya Klarifikasi soal Ricky Harun Komisaris HK Metals Utama

Ricky Harun.
Sumber :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

VIVA – PT Hutama Karya (Persero) memberi klarifikasi soal pemberitaan pengangkatan artis Ricky Harun sebagai Komisaris PT HK Metals Utama pada Rabu, 18 Agustus 2021. 

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

EVP Corporate Secretary Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, klarifikasi ini terkait pemberitaan sejumlah media nasional yang mengaitkannnya dengan Hutama Karya.

"Pemberitaan tersebut tidak memiliki keterkaitan dengan PT Hutama Karya (Persero) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang infrastruktur dan pengusahaan jalan tol," ujar Tjahjo dikutip dalam keterangan tertulisnya, Kamis 19 Agustus 2021.

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Baca juga: Megawati: Kalau Ubah Ideologi, Pasti Negara Kita Ambruk

Dia menjelaskan, Hutama Karya saat ini hanya memiliki tiga anak usaha, yakni PT HK Infrastruktur (HKI), PT Hakaaston (HKA), dan PT HK Realtindo (HKR). Jadi, HK Metals Utama bukan afiliasi dari Hutama Karya.

Terpopuler: Prediksi Putusan MK atas Sengketa Pilpres, Iran Samakan Drone Israel dengan Mainan

"Hutama Karya tidak bertanggung jawab atas informasi yang tidak benar mengenai perusahaan," kata dia.

Melalui klarifikasi ini, dia melanjutkan, pihaknya bermaksud untuk memberikan penjelasan terkait dengan kekeliruan informasi yang beredar. 

"Dan agar pihak-pihak yang telah mempublikasikan pemberitaan tersebut agar dapat melakukan koreksi sesuai dengan informasi yang sebenarnya," ujar Tjahjo.

PT Hutama Karya (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang pengembang infrastruktur dan pengelola jalan tol yang menyediakan jasa konstruksi & EPC, investasi jalan tol, operasi dan pemeliharaan jalan tol, manufaktur serta pengembangan properti dan kawasan.

Saat ini perusahaan sedang menyukseskan mandat pemerintah untuk membangun dan mengoperasikan jalan tol Trans Sumatera sebagai salah satu proyek strategis nasional (PSN).

Sementara itu, HK Metals Utama merupakan perusahaan swasta yang berdiri sejak 13 November 2010. Perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan, perindustrian, pembangunan dan jasa.

Sebelumnya diketahui, PT HK Metals Utama Tbk (HKMU) mengangkat artis Ricky Chilnady Pratama atau karib disapa Ricky Harun sebagai Komisaris Independen.

Keputusan itu dipublikasikan dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) tertanggal 16 Agustus 2021 tersebut dan diumumkan secara personal oleh putra sulung aktris Donna Harun itu.

"Terima kasih atas kesempatan yg diberikan untuk jabatan sebagai komisaris independent di PT. HK METALS UTAMA Tbk (HKMU) @hkmetalsini," tulis Ricky Harun dalam postingan di laman Instagram pribadinya @rickyharun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya