IPA Convex 2021 Godok Adaptasi Industri Migas Usai Pandemi

IPA Convex 2021.
Sumber :
  • Dokumentasi IPA.

VIVA – Konvensi dan Pameran Indonesian Petroleum Association ke-45 atau IPA Convex 2021 akan digelar pada 1-3 September 2021 dengan tema 'Realizing Indonesia’s Energy Vision Post Pandemic'. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini gelaran itu akan dilakukan secara virtual sebagai adaptasi adanya pandemi COVID-19.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Presiden Indonesian Petroleum Association (IPA), Gary Selbie, mengatakan transisi energi menjadi hal yang tak bisa dihindari oleh perusahaan migas di seluruh dunia. Terlebih lagi pandemi membuat transisi itu pun harus bisa diakselerasi.

Gary berpendapat, kesepakatan Paris tentang target pengurangan emisi karbon disadari telah membuat pelaku industri hulu migas berupaya keras untuk dapat mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari kegiatannya. Namun, hal tersebut jangan pula menjadi penghambat kinerja produksi yang dilakukan.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

“IPA menyadari bahwa kebijakan ini harus dapat berjalan bersama dengan target produksi migas yang sudah ditetapkan Pemerintah," ujarnya dalam telekonferensi, dikutip Kamis, 19 Agustus 2021.

Dia menegaskan, sekalipun potensi energi baru dan terbarukan di Indonesia cukup menjanjikan. Namun, potensi migas nasional seperti terdapat dalam bauran energi diketahui masih sangat besar dan siap untuk dikembangkan. 

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Selain sebagai sumber energi, migas juga dianggap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan memiliki efek berganda secara ekonomi. Karena itu, diperlukan keseimbangan antara target produksi migas nasional dengan target penurunan emisi karbon. 

“Kebijakan yang jelas juga perlu diikuti dengan adanya kepastian peraturan dan perpajakan,” kata dia.

Lebih lanjut menurutnya, dalam perhelatan IPA Convex tahun ini yang menjadi fokus utama diskusi akan membahas mengenai bagaimana mencapai target produksi migas seperti yang telah ditetapkan. Dengan mengoptimalkan potensi-potensi migas yang ada di Indonesia. 

“Selain itu, IPA Convex juga akan mendiskusikan berbagi hal terkait transisi energi yang tidak dapat dihindari oleh industri ini di masa depan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia IPA Convex 2021, Rina Rudd menambahkan, dengan mengadakan kegiatan secara online ini, IPA menyatakan dukungannya terhadap upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran COVID-19.

Menurut dia, tema IPA Convex pada tahun ini dirasakan sangat tepat karena pandemi telah mengubah tatanan dunia, tak terkecuali industri migas

“Pascapandemi COVID-19, seluruh dunia termasuk para perusahaan migas perlu beradaptasi agar target yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik,” kata dia.

Baca juga: Pekerja hingga Konsumen Protes Cukai Rokok Bakal Naik 2022

Rina menyebutkan, pada tahun ini IPA Convex mengadakan diskusi eksklusif yang menghadirkan tiga orang menteri terkait dengan industri hulu migas di Indonesia.

Lebih lanjut menurutnya, IPA Convex 2021 akan menghadirkan virtual exhibition area yang diikuti oleh puluhan perusahaan peserta pameran. Terdiri dari perusahaan migas nasional dan internasional, perusahaan jasa penunjang, lembaga pemerintahan, dan lain sebagainya. 

"Melalui virtual booth ini para peserta pameran tetap dapat berinteraksi dengan pengunjung melalui fitur chat, selain itu juga ada fitur seperti company information, program/product catalogue, video company, dan fitur-fitur lainnya,” tutur dia.

Lebih lanjut menurutnya, salah satu fitur terbaru yang dikenalkan pada IPA Convex 2021 kali ini adalah Business Matching. Fitur ini akan menghubungkan para peserta pameran dengan prospektif investor atau profesional yang ingin melakukan kerja sama.

Pengunjung pameran dapat mengajukan permintaan business matching kepada perusahaan yang dituju dengan melakukan registrasi dan mengunggah kartu nama terlebih dahulu. Setelah permintaan diterima oleh perusahaan yang bersangkutan, maka pengunjung dapat melakukan pertemuan secara virtual yang difasilitasi oleh virtual platform IPA Convex.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya